BIJAK ONLINE (Padang Pariaman)-Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno melakukan Ground Breaking Stadion Utama, Sumatera Barat yang merupakan proyek triliunan rupiah dan terletak di Sikabu Lubuk Alung, telah dimulai peletakan batu pertamanya,  Kamis (6//2015).

"Kesedian Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dan masyarakat Sikabu Lubuk Alung menyediakan lahan untuk pembangunan stadion, merupakan bukti nyata kalau Pemerintah Padang Pariaman dan masyarakatnya sangat peduli kemajuan olahraga dan prestasi olahraga, khususunya di Sumatera Barat," kata Irwan Prayitno.

Menurut Irwan Prayitno, dengan dibangunnya stadion bertaraf internasional di Sikabu Lubuk Alung, jelas banyak manfaatnya, diantaranya manfaat darisisi ekonomi, karena saat acara pembukaan PON, daerah Sikabu akan dikunjungi beribu-ribu atlet atau masyrakat olahraga seluruh Indonesia, termasuk kepala daerahnya.  

Kemudian, kata gubernur, pembangunan stadion merupakan salah satu syarat bagi Pemerintah Provinsi dan KONI Sumbar, agar bisa menjadi tuan rumah penyelenggaran Pekan Olahraga Nasional (PON). "Mari kita dukung bersama-sama, agar niat baik KONI Sumbar mendapat persetujuan dari PB PON menjadi tuan rumah PON," kata politisi PKS yang akan maju di Pilgub 2015-2020 yang berpasangan dengan Nasrul Abit.

Sementara Bupati Padang Pariaman, Drs. H. Ali Mukhni, mengajak masyarakat untuk bersyukur kepada Allah SWT dan berharap agar seluruh stakeholders dan masyarakat mendukung kelancaran program stategis tersebut.

Dijelaskan, Stadion Utama Sumbar itu terletak di Nagari Sikabu dan Lubuk Alung dengan luas lahan 38,5 hektar. Lokasi Stadion Utama sangat strategis karena berada di Jalan Lingkar Duku-Sicincin dan  berjarak tempuh 20 menit dari Bandara Internasional Minangkabau. Stadion Utama sekaligus sebagai persiapan Sumbar menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) Tahun 2025.

"Pembangunan Stadion Utama ini menelan dana Rp1,6 Trilyun yang bersumber dari APBN dan APBD Propinsi Sumatera Barat. Stadion ini didisain salah satu termegah di Indonesia. Stadion ini menjadi kebanggaan Ranah Minang," kata Mantan Ketua Persatuan Sepak Takraw (PSTI) Sumbar itu.

Ali Mukhni menambahkan bahwa pesatnya pembangunan infrastruktur di daerahnya berkat adanya dukungan dari seluruh masyarakat ranah dan rantau. Dan yang paling dirasakannya adalah dukungan Pemerintah Provinsi Sumbar bersama DPRD.

"Kita terima kasih atas dukungan Bapak Gubernur Dan DPRD Sumbar terhadap pembangunan mega proyek yang ada di Padangpariaman. Saya juga terima kasih kepada Muspida, DPRD, Perangkat Nagari, Ninik Mamak, Alim Ulama, Bundo Kandung, pemuda dan seluruh pihak yang membantu pembangunan Main Stadion," kata Bupati didampingi Kabag Humas Hendra Aswara,

Sebagaimana diketahui Padangpariaman merupakan daerah yang terbanyak mendapatkan mega proyek nasional berkat kegigihan serta lobi Bupati Ali Mukhni. Sebelumnya telah dimulai pembangunan Badan Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP), Asrama Haji dan Islamic Center bertaraf internasional, MAN Insan Cendikia dan lain sebagainya.

Sementara itu, di tempat terpisah, Wali Nagari Lubuk Alung Harry Subrata apresiasi kerja keras Bupati Ali Mukhni yang mampu meyakinkan pemerintah Pusat dan Propinsi dalam Pembangunan Stadion Utama Sumbar. Ia menilai banyaknya mega proyek bertaraf internasional yang bernilai trilyunan tentunya akan memacu pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di daerah Lubuk Alung.

"Masyarakat Lubuk Alung sangat mendukung keberadaan Stadion Utama Sumbar. Semoga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," kata Harry Subrata. (ya)

google+

linkedin