BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)-- Walikota Pariaman Mukhlis Rahman, mengatakan, salah satu upaya untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) berkualitas adalah dengan memperbaiki kualitas konsumsi pangannya. 

Hal itu diungkapkan Mukhlis Rahman, ketika Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Tingkat Kota Pariaman, Kamis (6/8/2015) yang diadakan Unit Pelaksana Tekhnis (UPT) Ketahanan Pangan Dinas Pertanian Kota Pariaman.

Dikatakan, konsumsi yang berkualitas dapat diwujudkan apabila makanan yang dikonsumsi sehari-hari mengandung gizi lengkap dengan jumlah seimbang. Termasuk cita rasa, daya cerna, daya terima dan daya beli masyarakat.

Lebih jauh disampaikan, Implementasi konsumsi pangan yang memenuhi prinsip B2SA dalam keluarga bisa melalui pemilihan bahan makanan dan penyusunan menu. Jangan sering-sering mengkonsumsi makanan cepat saji yang tidak baik untuk kesehatan karena banyak diantaranya menggunakan bahan kimia. 

"Jangan hanya membuat makanan ini ketika ada lomba saja. Mari terapkan dalam pola makan keluarga sehari-hari," tuturnya.

Sementara itu Kepala Ketahanan Pangan Sumatra Barat, Ir. Efendi, MP mengatakan sekarang konsumsi masyarakat kita 113 kg perkapita persatu tahun. Kalu dibiarkan terus, kita bisa kekurangan pangan dikarenakan pertumbuhan masyarakat yang sangat meningkat sedangkan lahan lahan pertanian semakin habis. 

"Oleh karena itu mulai dari sekarang kita coba perlahan-lahan mengganti makanan pokok kita dengan ubi kayu, ubi jalar, dan lainya," katanya.

Menurutnya, kegiatan lomba untuk mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat pada umumnya dan ibu rumah tangga khususnya dalam memilih, menentukan, menyusun dan menciptakan Menu Beragam, Bergizi, Berimbang dan Aman berbasis bahan pangan lokal. 

Dengan adanya kegiatan ini, tambahnya, diharapkan dapat lebih memasyarakatkan pada keluarga untuk mengkonsumsi dan membiasakan aneka makanan Beragam, Bergizi, Berimbang dan Aman untuk kebutuhan sehari-hari.

Di akhir acara panitia membacakan pemenang Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA).  Juara I diraih tim no 07 dari Padang Birik-Birik, Pariaman Utara, Juara II disabet tim no 12 dari Desa Naras, Pariaman Utara, kemudian juara III diambil h tim no 09 dari Desa Sikapak Barat, Pariaman Utara.
Lomba yang diadakan di terminal Jati Pariaman tersebut sekaligus untuk memeriahkan HUT RI ke-70 dan memperingati HUT Kota Pariaman ke 13. (amir)




BIJAK ONLINE (Kt. Pariaman)—Dalam rangka memeriahkan peringtan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 70 dan HUT Kota Pariaman ke 13, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Pariaman mengadakan Lomba Gerak Jalan antar SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Pariaman.


Lomba gerak jalan itu dilaksanakan di Terminal Jati Pariaman, Selasa (4/8/2015), diikuti 20 regu. Masing-masing regu terdiri dari sepuluh orang. Rute yang dilewati, star pertama SMP 7 Manggung dilepas langsung oleh Walikota Pariaman Mukhlis Rahman.

“Walaupun hari ulang tahun Kota Pariaman sudah lewat 2 Juli kemaren karena tanggal tersebut bertepatan dengan bulan puasa maka tidak mungkin diselenggarakan. Dan kegiatan (di bulan Agustus) ini sekaligus untuk menyambut HUT RI,” ujarnya.

“Melaksanakan lomba Gerak Jalan dan kegiatan olahraga lainnya sangat baik diadakan sebagai salah satu bentuk pembinaan kedisiplinan dan ketangkasan, baik bagi kalangan aparatur maupun umum,” tambahnya.

Walikota pun berharap kepada seluruh aparatur yang ikut berlomba agar dapat melaksanakannya dengan sungguh-sungguh, jalin kekompakan, dan laksanakan lomba dengan tertib agar jangan sampai mengganggu penguna jalan yang lain. (amir)


google+

linkedin