BIJAK ONLINE (Padang)-Sebagai Ketua Umum Pengurus Wilayah Serikat Tani Islam Indonesia (PW STII) Sumatera Barat, Syafrizal Ucok menegaskan, organisasi yang dipimpinya akan senantiasa mendukung pemerintah dalam menentukan kebijakan-kebijakan yang akurat dan tepat untuk masyarakat tani. Tujuannya, agar terwujudnya peningkatan harkat, martabat, dan kesejahteraan petani.

"Agar tercapainnya peningkatan harkat dan martabat petani tersebut, maka PW  STII Sumbar sedang merancang atau sedang membuat program yang dapat mendampingi program pemerintah untuk mempercepat kemajuan di bidang pertanian," kata Syafrizal Ucok ketika dihubungi Tabloid Bijak, Selasa, 8 Maret 2016.

Menurut Syafrizal Ucok, program yang sedang dirancang bersama para pakar tersebut, intinya memperjuangkan hak atas tanah untuk petani, dengan cara melakukan pendekatan dan bekerjasama dengan pemerintah. "Tujuannya, agar  setiap tanah yang dikuasai negara, diberikan kepada petani, sesuai peraturan dan perundang-undangan," kata mantan PJ Bupati Dharmasraya ini.

Kemudian, kata SYafrizal Ucok, mensosialisasikan pentingnya koperasi bagi kelompok tani, dan dalam upaya pembetukannya STII akan menjadikannya semacam "Gugus Depan" dalam wujud kelembagaan STII di berbagai desa atau kelurahan. "Di gugus depan tersebut, STII Sumbar akan melakukan pelatihan-pelatihan singkat dan cepat, supaya petani memiliki ketrampilan yang lebih baik," kata Kepala Badang Pemberdayaan Masyarakat Sumbar ini.


Selanjutnya, STII Sumbar akan menjembatani kelompok-kelompok tani yang mempunyai akses permodalan dan pasar, sehingga dapat memperoleh akses bagi modal usaha dan pintu bagi persedian pasar. ""Program-program yang kami rancang di STII sejalan dengan program Gerakan Pensejahteraan Petani yang digagas pak gubernur," kata Syafrizal Ucok lagi. (PRB)

google+

linkedin