Drs. Afrimars.MM
Kabid Kearsipan kota Payakumbuh 

BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)---Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) kota Payakumbuh, lakukan digitalisasi dokumen/ arsip masyarakat kota Payakumbuh. Hal itu dilakukan untuk antisipasi rusak, hilangnya dokumen penting akibat bencana alam seperti kebakaran, banjir maupun tanah longsor yang mengakibatkan hilangnya dokmen penting mereka seperti ijazah, sertifikat kepemilikan dan dokumen lainnya bernilai tingi dan perlu penyelamatan.

Hal itu disampaikan kepala bidang kearsipan Drs. Afrimars.MM  dalam kesempatan percakapnnya dengan wartawan di ruang kerjanya kemarin, menurutnya kegiatan digitalisasi dokumen/arsip penting  masyarakat ini merupakan terobosan baru yang dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kota Payakumbuh, alasanya selain memiliki multi player efek yang sangat bagus terhadap kepastian keselamatan arsip, sekaligus memudahkan mereka untuk mengakses kembali apabila diperlukan kapan dan dimanapun, sebab file mereka itu sudah tersimpan pada file yang ada pada webside Dinas Perpustakaan dan Kearsipan itu sendiri.

Diakui, sampai saat ini yang sudah memanfaatkan fasilitas  degitalisasi arsip tersebut adalah para lulusan mulai dari SD,SLTP, SLTA bahkan ijazah perguruan tinggi yang memang sifatnya pribadi . Khusus untuk degitalisasi dokumen penting itu pihaknya melakukan kerja sama dengan sama dengan Dinas Pendidikan, Kementrian agama kota Payakumbuh, dengan target seluruh ijazah siswa yang tamat tahun ajaran 2017/2018 kota Payakumbuh semuanya didegitalisasi yang diperkirakan tahun ini mencapai 55000 eksemplar.


Upaya degitalisasi arsip ini terus dilaksankan dengan sasaran akhirnya bagai mana seluruh dokumen penting masyarakat yang perlu diselamatkan dari situasi tidak menguntungkan dapat dilaksanakan , sehinga dua tahun pelaksanaan program ini secara bertahap masyarakar kota Payakumbuh mulai menyadari yang dilakukan dinas ini sangat bermanfaat untuk kepentingan penyelamatan dokumen/ arsip mereka. (ada)

google+

linkedin