TABLOIDBIJAK.COM (Tanah Datar)—Bupati Tanah Datar, Drs. H. Irdinasyah Tarmizi, bertekad menjadikan daerahnya menjadi kabupaten penghafal al-Qur’an (Hafiz). Buktinya  Pendataan dan pembinaan rumah tahfidz terus ditingkatkan, setiap tahunya, untuk terwujudnya Tanah Datar menjadi kabupaten Hafidz.

Hal itu disampaikan Kabag Kesra Kabupaten Tanah Datar, Afrizon. S.Ag kepada Tabloidbijak.com Senin (27/11/2017) di ruang kerjanya.

Dikatakan, Afrizon, saat ini di Kabupaten Tanah Datar sudah tercatat 72 Rumah Tahfidz ditahun 2018 ada 4 rumah tahfidz tambahan menjadi binaan Pemerintah Tanah Datar, pada tahun anggara 2019 akan dtambah  4 rumah tahfiz lagi , hal ini bentuk konsisten Pemerintah dalam mewujudkan visi dan misi mejadi kabupaten madani dengan program unggulannya pembinaan rumah tahfidz. 

Lebih jauh disampaikan, untuk memotivasi generasi muda Tanah Datar dalam rangka berfastabiqul khairat menghafal Al-qur'an Pemerintah memberikan reward berupa diberangkatkan umroh dan study banding Internasional bagi peserta terbaik hafalannya dimasing-masing tingkatan studinya.

“Ini adalah rangka untuk meningkatkan semangat dan motivasi kepada generasi dalam menghafal al-Qur’an,” ujar Afrizon.

Disamping itu kedepannya kita berharap kata Afrizon, setiap satu orang guru TPA melahirkan tiga orang hafidz dan hari ini Tanah Datar memiliki 2,363 orang guru TPA, maka secara hitungan matematiknya lebih kurang 7000 para pengahafal qur'an akan lahir di Kabupaten Tanah Datar yang kita cintaai ini, maka kalau kita senergikan antara TPA dan rumah tahfidz di tahun 2019 tidak kurang 10.000 hafidz akan kita wisuda.

“Insha Allah ada 10.000 hafidz akan mengikuti wisuda pada tahun 2019 nantinya. Pada tahun Tahun 2017 ini kita wisuda para penghafal qur'an 1000 hafidz 3 jus keatas yang telah disertivikasi oleh Lajnah Tahfizul Qur'an dan semoga saja tahun depan kita mampu mewujudkan 10.000 hafidz yang akan kita wisada,” tambah Afrizon lagi.

Ketua Pemuda Muhammadiyah Tanah Datar, Arianto ketika dimita kementarnya, sekaitan tekad Pemda Tanah Datar, menjadi kabupaten hafidz al-Qur’an, mengatakn sangat mendukung sekali dan berterima kasih kepada Bupati Irdinansyah Tarmizi, adanya perhatian begitu besar untuk membina dan memotivasi para generasi untuk menghafal qur'an.

“Baik secara pribadi san atas organisasi Pemuda Muhammadiyah Tanah Datar, sangat mendukung sekali  program yang dicanangkan Bupati Irdinansyah Tarmizin,” ujarnya. 


Pada kesempatan itu Afrizon, mengajak dan menghibau seluruh lapisan masyarakat untuk sama-sama menggerakan dan memotivasi para generasi untuk menghafal Al-qur'an agar kedepan terwujud apa yang dicita-citakan Kabupaten Tanah Datar menjadi kabupaten Tahfidz.

“Untuk mewujudkan cita-cita ini tuntu ada rintangan dan tantangannya, untuk itu kepada masyarakat Tanah Datar,mari selalu berdo’a dan bermohon kepada Allah agar usaha dan niat ini mendapat pertolongan dan ridho Allah. SWT,” Afrizo mengakhiri.(Novil)

google+

linkedin