BIJAKONLINE.COM (Pasaman Barat)- Walinagari  Aia Gadang, Junaidin sengaja  menggelar acara sosialisasi pengendalian hama dan penyakit pada tanaman jeruk di wilayahnya.  

"Sebagai walinagari, saya memang sengaja menggelar acara lebih untuk antisipasi penyakit tanaman jeruk manis," kata Walinagari Aia Gadang, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, seusai acara, Senin, 5 Desember 2017. 

Menurut Walinagari Aia Gadang, Junaidin di dampingi sekretarisnya, Jamaris SE, tujuan acara, selain berharapsupaya  penyakit jeruk manis dapat teratasi, juga  di harapkan masyarakat dapat mengeluarkan zakat hasil tanaman jeruk tersebut. "Harapannya, semoga  hama dan penyakitnya jauh dari wilayah kita," katanya.

Kemudian, kata Junaidin, tanaman jeruk manis di wilayah ini memang menjanjikan hasilnya, karena di dukung dengan kondisi tanah yang begitu subur baik tanaman  jeruk manis, maupun tanaman kelapa sawit. "Sampai sekarang, hama dan penyakitnya sampai saat ini masih belum dapat teratasi," katanya.

Adanya sosialisasi ini semoga masyarakat dapat  ertanam jeruk manis sesuai dengan anjuran nagari narasumber, sehingga keluhan masyarakat selama ini dapat terjawab dan teratasi kedepannya.

Apalagi saat sekarang lanjutnya, tanaman jerukmanis di wilayah itu  sudah mulai di serang hama, hingga mengakibatkan kerugian para petani jeruk. "Kita takut hama ini sama seperti hama di tahun sebrlumnya, seluruh tanaman jeruk manis masyarakat diserang pnyakit yang tidak bisa di obati," katanya.

Junaidin berharap masyarakat dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan khitmat bg ngga apa yang di anjurkan pihak nara sumber dapat di lakukan di kebun masing-masing sehingga tanaman jeruk manis di nagari itu terus dapat mengangkat perekonomian masyarakat. (Arafat)

google+

linkedin