BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)--Irja dari PKBM Bina Saiyo yang ikut memperkuat Kontingen Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman, berhasil meraih gelar juara pertama pada lomba Pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).

Selain itu Kontingen Kota Pariaman, juga memperoleh Juara II lomba Keberaksaraan Warga Belajar diperoleh Nurbaiti, dari warga belajar Kelompok Cambung I PKBM Bina saiyo. Kegiatan ini dilaksanakan pada  pelaksanaan Peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) Ke-51 Tingkat Provinsi Sumatera Barat, (27-30/11/2016) di Pasaman Barat.

Kabid.PNF, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman Drs. Pria Sapta Mulia,M.Pd, mengatakan, dalam pelaksanaan Peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) Ke-51 di gelar berbagai perlombaan kegiatan Pendidikan Non Formal (PNF) seperti : Lomba Pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).

Termasuk  Lomba Pengelola Taman Bacaan Masyarakat (TBM), Lomba Teaching Tutor Keaksaraan Fungsional (KF), Lomba Keberaksaraan Warga Belajar KF dan Lomba Stand Dinas kab/kota dan juga stand BPKB/SKB.

Dikatakan, kontingen Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman mengikuti perlombaan untuk kategori Pengelola PKBM diikuti Irja dari PKBM Bina Saiyo dan kategori Pengelola TBM diikuti Sugiarsih dari TBM Buah Hati Ibu dan kategori Keberaksaraan warga belajar diikuti,  Nurbaiti dari warga belajar Kelurahan. Cambung I PKBM Bina Saiyo serta kategori Stand Pameran menampilkan berbagai kerajinan dan produk unggulan khas daerah Kota Pariaman yang merupakan hasil karya warga belajar.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman Drs.Kanderi,MM menambahkan, dari Dinas Dikpora atas nama Pemerintah Daerah Kota Pariaman merasa bangga atas prestasi yang diraih irja dari Pengelola PKBM Bina Saiyo dan Nurbaiti dari warga belajar KF. 

“Semoga prestasi yang diraih ini dapat dipertahankan dan harapan kami tahun depan kita dapat meraih prestasi yang lebih meningkat lagi serta meraih  prestasi pada tingkat nasional,” ujarnya.

Harapan kepada  lembaga PKBM Bina Saiyo Pariaman Selatan selalu tetap eksis dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat marginal  menuntaskan buta aksara melalui Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan  serta lembaga ini telah Terakreditasi Tahun 2017 nanti.

Sementara itu Ketua PKBM Bina Saiyo Irja berharap kepada Pemerintah Daerah, kedepan agar lembaga PKBM tetap mendapatkan perhatian serius dan mensetarakan dengan lembaga formal baik bantuan sarana dan prasarana belajar maupun pengembangan SDM Tutor dan Penyelenggara. (j/amir)

google+

linkedin