BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)---Memeriahkan HUT kota Payakumbuh ke 47 tahun, Pemerintah kota Payakumbuh melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) menggelar beberapa ivent, dimulai Sabtu (9/12).

“Ivent tersebut diantaranya festival Silek Tradisi Minangkabau, Malewakan Gala Pandeka dan Pengukuhan Pengurus Pahimpunan Tuo Silek Tradisi Minangkabau Luak Limopuluah ini bakal digelar besok di kawasan Medan Nan Bapaneh Ngalau Indah Payakumbuh, “ujar Tampuak ketua Pahimpunan Silek Tuo Minangkabau Irwandi, kepada wartawan, Jumat di Balai Wartawan, (8/12).

“Saat ini peserta baru mendaftar 30 perguruan dan kita masih membuka pendaftaran sampai sore Jumat ini. Festival pencak Silat yang diselenggarakan ini bertujuan untuk membangkitkan kembali nilai nilai budaya di Minangkabau yang selama ini terabaikan, khususnya Silek Trdisional yang menjadi adat dan budaya bagi anak nagari di Minangkabau," jelasnya.

Ditambahkannya, selain itu kegiatan ini juga berguna untuk Mambangkik Batang Tarandam, supaya silek tradisional Minangkabau lebih membumi. Sekaligus dapat melahirkan pesilat tangguh yang nantinya  bisa membawa nama Luak Limopuluah khususnya dan Sumbar pada umumnya dalam berbagai lomba dan pergelaran yang dilaksanakan.

Sementara itu, ketua panitia Elfriza Zaharman, mengatakan kepada wartawan, Zaman boleh berubah semakin maju, namun budaya harus tetap dilestarikan. Festival pencak Silat tradisional seperti ini bagian dari mempertahankan nilai-nilai budaya bangsa disamping juga bisa untuk meningkatkan prestasi, ujarnya. (ada)

google+

linkedin