TABLOIDBIJAK.COM (Padang Pariaman)--Menghadapi cuaca ekskrim akibat dampak siklus tropis dahlia, Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni menghimbau semua Aparatur Pemerintah dan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) harus siaga bencana banjir, banjir bandang, abrasi, banjir rob, tanah longsor, dan angin puting beliung. Situasi ini menurutnya terjadi hingga Februari mendatang.

Orang nomor satu di Padang Pariaman itu menuturkan, dalam rangka kesiapsiagaan penanggulangan bencana, perlu dilakukan upaya-upaya pelaksanaan kesiapsiagaan terkait dengan situasi musim penghujan. 

 “Kita apresiasi BPBD, PUPR bergerak cepat atasi bencana. Alat berat juga disiagakan apabila terjadi longsor" ujar Bupati Ali Mukhni ketika meninjau di beberapa lokasi yang terkena musibah, Sabtu (2/12/2017).

Bagi masyarakat yang bertempat tinggal di daerah rawan longsor seperti dipinggir tebing atau bukit, tambah Ali Mukhni, agar segera evakuasi ke tempat yang aman apabila hujan lebat dalam durasi yang lama. "Kalau hujan lebat dalam waktu lama, sebaiknya memilih nginap ditempat yang aman" ujar Peraih Penghargaan  Terbaik dalam Manajemen Bencana itu. 

Peringatan dini juga disampaikan ke Camat agar selalu memonitor wilayahnya selama 1x24 jam. Laporkan kejadian dan berkoordinasi dengan stakeholders terkait.

Hingga saat ini, tambah Ali Mukhni, telah terjadi musibah diantaranya longsor di Kec. Sungai Limau dan 2x11 Kayu Tanam, abrasi di Ulakan. Namun tidak menimbulkan korban jiwa.(rel/amir)

google+

linkedin