BIJAK ONLINE (LIMAPULUH KOTA)---Bupati kabupaten Lima Puluh Kota H. Irfendi Arbi, terus mengingkatkan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar setiap  kerjasama yang dibuat dengan pihak lain bukan hanya sebatas kesepakatan kerjasama saja.

Namun bagaimana Memorandum of Understanding (MoU) yang dispakati bisa menentukan rencana aksi, terutama bagi dinas terkaiat, seperti dinas Pertenakan, agar perdagangan komoditi telur dan daging ayam ini bisa berjalan dengan baik.

"Tolong dibuat perencanaan yang matang, dan ciptakan kabupaten Lima Puluh Kota jadi sentra telur dan daging ayam, "ujar bupati Lima Puluh Kota H. Irfendi Arbi dihadapan Pemerintah kota Bengkulu, ketika berkunjung ke Pemkab Limapuluh Kota, dalam rangka  menjalin kerjasama di bidang peternakan, di ruang rapat kantor bupati, Senin (4/12).
Kerjasama tersebut, ditandai dengan Nota kesepahaman (MoU) antara walikota  bengkulu H. Helmi Hasan dengan bupati Limapuluh Kota H. Irfendi Arbi disaksikan wakil bupati Ferizal Ridwan, Asisten perekonomian dan pembangunan, M Yunus, Kabag kerjasama Pemko Bengkulu, Willy, kabag perekonomian pemko Bengkulu, beserta Kepala-kepala OPD Pekab Lima Puluh Kota dan Pemko Bengkulu.

Menurut walikota Bengkulu, H Helmi Hasan melalui kepala bagian Kerjasama, pemko setempat, Willy mengatakan, Pemerintah Kota Bengkulu telah sepakat menjalin kerjasama dengan pemerintah kabupaten Lima Puluh Kota di bidang peternakan.

"Kita ingin menjalin kerja sama yang saling menguntungkan, dalam rangka pengendalian inflansi di Kota Bengkulu dan Kabupaten Lima Puluh Kota yang salah satu diantaranya memenuhi komoditi 9 kebutuhan pokok terutama terkait dengan komoditi telur ayam dan daging ayam,"ujarnya.

Tujuannya, menjaga ketersedian komoditi telur ayam dan daging ayam dari kabupaten Limapuluh Kota ke Kota Bengkulu, "Seperti kita ketahui, kabupaten Lima Puluh Kota  merupakan sentra produksi telur ayam dan daging ayam. Untuk itu kerja sama ini perlu dilakukan agar serta menjaga stabilitas harganya di wilayah masing-masing,"sebutnya.

Sementara itu, bupati Lima Puluh Kota, Irfendi Arbi didampingi wakil bupati Ferizal Ridwan berharap dengan adanya kerja sama ini memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat, terutama para peternak yang ada didua daerah ini.

 "Dengan kerjasama ini, masyarakat Lima Puluh kota akan lebih semangat untuk meningkatkan kualitas komoditi telur dan daging ayam, dan kedepan dapat mensuplay hasil ternak keluar daerah,"ujarnya.

Menurut bupati, ini menandakan bahwa pangsa pasar ternak di kabupaten Lima Puluh Kota terutama komoditi telur dan daging ayam cukup menjanjikan di kabupaten Lima Puluh Kota. "Tantangannya, bagaimana kedepan para peternak bisa meningkatkan kualitas dan mutu hasil ternaknya,"jelas bupati. (ada)

google+

linkedin