TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman)---Pemerintah Kota Pariaman melalui Dinas Sosialnya melaunching Program Keluarga Harapan (PKH) tingkat Kota Pariaman tahun 2017, yang dilaksanakan di Pentas Seni Pantai Gandoriah, Kamis (7/12/2017). 

Launching PKH dimulai dengan senam bersama para penerima manfaat PKH dari 4 kecamatan se-Kota Pariaman, dilanjutkan dengan acara seremonial dan terakhir pelepasan balon ke udara, tanda dilaunchingnya PKH Kota Pariaman tahun 2017. 

Wakil Wali Kota Pariaman, Genius Umar mengatakan, program PKH di Kota Pariaman telah ada sejak tahun 2013 lalu, ketika itu ia masih bekerja di senayan Jakarta, yang mengenalkan Kadis Sosial Kota Pariaman Afnil, untuk mendapatkan program bantuan dari Kementerian Sosial ini.

“Alhamdulillah, awalnya hanya 2 kecamatan di tahun 2013, dengan jumlah 600 KK, saat ini sampai tahun 2017, sudah mencakup  4 kecamatan di Kota Pariaman, dengan jumlah penerima manfaat PKH ini sebanyak 1.223 KK,” ujarnya

Program Keluarga Harapan sangat membantu sekali bagi warga miskin di Kota Pariaman, karena mereka akan menerima stimulus per triwulan bantuan dana social yang jumlahnya bervariasi antara KK satu dengan lainya, tergantung banyaknya anak yang mereka punya.

“Dana PKH hanya digunakan untuk biaya pendidikan , kesehatan dan penunjang lainya, dan Alhamdulillah, selama ini penerima PKH masyarakat Kota Pariaman telah memanfaatkan bantuan Kementerian Sosial RI ini, sehingga di tahun 2018 mendatang, kita akan mengusulkan lebih banyak lagi penerima PKH untuk kota pariaman,” tuturnya.

Perwakilan Kementerian Sosial RI, Annisa yang merupakan Korwil PKH untuk Provinsi Sumatera Barat mengatakan Pemerintah Kota Pariaman sangat memperhatikan masyarakatnya yang berada di bawah garis kemiskinan, ini dapat dilihat dari gigihnya Pemko Pariaman untuk mendapatkan bantuan dana pusat PKH untuk masyarakatnya.

“Baru sekali ini saya menyaksikan sebuah acara seremonial, yang dikonsep non protap, dengan duduk berbaur dengan masyarakat, sehingga tidak ada Nampak pemisah antara pemimpin dan masyarakat serta kepala OPD nya,” tukasnya.

Ia menambahkan PKH di Kota Pariaman  termasuk terbaik di Sumbar, sehingga saat ini pihaknya akan menambah sebanyak 1.400 KK lagi penerima program PKH untuk Kota Pariaman di tahun 2018 mendatang, yang nantinya mereka lolos tahap verifikasi oleh petugas yang ditunjuk Kementerian Sosial.

“Ditambah dana sharing yang diminta pusat hanya 5%, kota pariaman mampu melebihi itu, Sehingga PKH yang kita harapkan dapat meningkatkan kesejahteraan bagi para penerima manfaat, sehingga kedepan mereka dapat terlepas dari kemiskinan yang selama ini mereka alami,” tutupnya.

Acara ini dihadiri oleh Ketua GOW Ny. Lucy Genius, Kadis Sosial Afnil, perwakilan Bank BRI, Kepala OPD dan ribuan masyarakat kota pariaman penerima program PKH. (rel/amir)

google+

linkedin