BIJAK ONLINE (Padang Pariaman)--Pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Nagari Batu Kalang, Kecamatan Padang Sago, Kabupaten Padang Pariaman, periode 2015-2021, terbentuk, dalam rapat bersama antara masyarakat dengan Pemerintahan Nagari, Minggu, (13/9/2015) di Kantor Wali Nagari Batu Kalang.

Terpilih sebagai Ketua, Rasul Hamidi, dari Korong Limo Hindu. Sedangkan Wakil Ketua dari Korong Puncu Ruyung, Afrizal, SE, dengan Sekretaris, Syafrizal Ali, Amd, dari Korong Kampung Piliang dengan Wakil Sekretaris, Arniati, dari Korong Lubuk Napa. dan Bendahara Asni Untung dari Korong Mangur.

Wali Nagari Batu Kalang, H. Jamurusti, di dalam sambutannya mengatakan, LPM merupakan mitra pemerintahan nagari dalam melaksanakan dan memajukan pembangunan, pengurus yang terpilih, diharapkan  dapat bekerja dengan baik, antara satu sama lain saling bahu membahu.

Dikatakan, menurut Peraturan Menteri Dalam Negeri RI, Nomor 114 Tahun 2014, pasal 8, dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Ketua LPM memegang posisi yang cukupstrategis, sebagai sekretaris dan anggota yang berasal  dari perankat nagari, LPM, kader pemberdayaan dan unsure masyarakat lainnya.

Lebih jauh disampaikan Jamarusti, Anggaran Pendapatan dan Belanja Nagari Batu Kalang, untuk Tahun anggaran 2015, sebanyak Rp. 750.518,023, dan kini RPN Batu Kalang, sedang dilakukan vervikasi oleh pihak Kabupaten Padang Pariaman. 

“Muda-mudahan, dalam waktu dekat ini dapat disetujui dan disahkan oleh Bupati Padang Pariaman. Apabila RPN, sudah disahkan, artinya kita sudah melaksanakan kegiatan, sesuai dengan yang sudah disahkan Bamus Nagari Batu Kalang’< tutur Jamarusti yang akrab disapa dengan Uncu ini.

Rapat pembentukan LPM yang dipimpin Ketua Bamus Nagari Batu Kalang, Drs. Amiruddin Tk Majolelo, MA, berjalan lancar dan alot. Menurut Amiruddin, Wali Nagari , harus secepatnya menerbikan SK Pengurus LPM, sehingga mereka bisa bergerak lebih cepat.

“Apabila SK, belum ada, jelas mereka belum dapat melaksanakan kegitan, termasuk untuk menyusun rencana kerja”, tukuk Amiruddin yang akrab disapa dengan tuanku ini.

Ketua terpilih Rasul Hamidi, dalam sambutannya, mengatakan, semua pihak, baik yang tergabung ke dalam struktur pengurs LPM ataupun yang tidak, semuanya harus saling isi mengisi dan saling mengingatkan, bukan saling menjelekan. 

“Baiknya LPM Nagari Batu Kalang, adalah baik kita bersama, begitu pula sebaliknya”, ujarnya.
Sementara itu Wakil Ketua LPM terpilih Afrizal, SE, mengatakan, untuk mencapai kemajuan suatu nagari tidak bisa dilepaskan kepada pemerintahan nagari semata, tetapi harus ada lembaga pendukung, termasuk LPM, Bamus, KAN dan PKK, seperti  semboyan SBY, “bersama kita bisa”.
“Mari kita  bersama-sama, bangkit dan maju, demi untuk melanjutkan pembangunan Nagari Batu Kalang yang kita cintai ini”, ujar Ketua Koppas Padang Sago ini”, ungkapnya. (ya)

google+

linkedin