BIJAK ONLINE (SOLOK)-Diperkirakan puluhan hektar sawah milik  petani di Kenagarian Singkarak, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Sumatera Barat , mengalami kekeringan dan serangan hama wereng. Akibatnya, petani  gagal panen dan mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

"Akibat  terjadinya kekeringan dan serangan hama wereng, saya tak hanya gagal panen, tetapi juga kesulitan ekonomi," kata Zul salah seorang petani yang dihubungi Tabloid Bijak.

Menurut Zul Muncak,  biasanya dirinya  bisa mendapatkan 30 karung padi setiap masa kali panen. "Namun dengan adanya kekeringan dan wereng ini hanya 2 sampai 3 karung  saja padi saja yang bisa ia bawa pulang," keluhnya.

Sementara itu akibat dilanda kekeringan dan hama wereng tersebut menurut Zul Muncak lagi, banyak dari sawah-sawah para petani di daerah itu  yang terlantar lantaran tidak bisa digarap, akibatnya para petani didaerah itu terpaksa harus mencari alternatif lain guna memenuhi kebutuhan hidup mereka.(Wan/Van)

google+

linkedin