BIJAK ONLINE (Padang Pariaman)—Pengurus Koperasi Pegawai Negri  (KPN) Al Ikhlas RSUD Kota Binjai, Sumatera Utara, belajar ke Koppas Padang Sago, dalam rangka penambahan unit usaha, karena Koppas Padang Sago, mempunyai unit usaha yang komplit dan tertata dengan baik. 

Hal itu disampaikan Ketua KPN Al Ikhlas RSUD Kota Binjai Sumatera Utara, Thamrin Tarigan, ketika berkunjung ke Koppas Padang Sago, Kamis (20/4/2017) di lantai koperasi tersebut.

Dikatakan, KPN Al Ikhlas RSUD Kota Binjai, baru mempunyai satu unit usaha yaitu Usaha Simpan Pinjam (USP)  dan koperasinya juga baru berdiri sejak 10 tahun lalu dengan  modal awal dari simpanan pokok dan simpanan wajib anggota dan kini koperasinya, telah bisa menyalurkan pinjaman kepada anggota sebanyak Rp. 20 juta rupiah.

Menurut Thamrin Tarigan, memang tepat dia datang ke Koppas Padang Sago, dalam rangka melihat, berbagai unit usaha yang di kelola Koppas Padang Sago , mulai dari simpan pinjam, jasa pengiriman barang, perdagangan, penjualan tiket pesawat, angkutan , penjualan barang dan penarikan rekening listrik. 

“Saya betul-betul salut sama pengurus Koppas Padang Sago yang telah mampu membuat Kopperasinya berkembang dan mempunyai bermacam unit usaha,” ujar Thamrin Tarigan.

Ketua Badan Pengawas (BP) Koppas Padang Sago, Drs. Amiruddin, Tk. Majolelo, MA, dalam eksposnya mengatakan, Koppas Padang Sago, berdiri sejak Tahun 2005, sampai  sekarang telah berusia lebih kurang 12 tahun dengan  jumlah anggota 499 orang yang terdiri dari berbagai penggerak usaha ekonomi, seperti perdagangan, pertanian, pegawai negeri sipil dan umum.

Menurut Amiruddin, Koppas Padang Sago, mempunyai motto, “Bersama anggota membangun koperasi  Bersama koperasi membangun nagari”  dan mempunyai Visi sebagai lembaga yang dipercaya dalam mengelola usaha produktif dan pengembangan potensi ekonomi anggota dan masyarakat untuk mencapai kesejahteraan bersama.

Sedangkan Misi, Koppas Padang Sago, mempunyai program jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Setiap  masyarakat yang mendaftar ingin menjadi anggota Koppas Padang Sago, diwajibkan membayar simpanan pokok Rp. 50 ribu rupiah dan simpanan wajib Rp. 10 ribu rupiah setiap bulannya. 

Kini Koppas Padang Sago, telah mempunyai asset  sebanyak Rp. 1.754.251.542 rupiah dan Koppas Padang Sago , mempunyai 4 jenis simpanan, simpanan pokok, simpanan wajib, simpanan sukarela, simpanan khusus, simpanan qurban dan simpanan peduli koperasi. 

Kabid  Koperasi  dan UKM Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi dan UKM Kabupaten Padang Pariaman, El Abdes Marsyam, ST, MM  yang mendampingi rombongan  studi banding KPN Al Ikhlas RSUD Kota Binjai ke Koppas Padang Sago, mengatakan, untuk Kabupaten Padang Pariaman , koperasi  umum yang  sudah bisa dikatakan maju adalah Koppas Padang Sago dari 250 koperasi di Kabupaten Padang Pariaman. (amir)

google+

linkedin