BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)---Guru adalah sosok utama dalam satuan pendidikan yang bertanggungjawab, membentuk karakter untuk mengobarkan Gerakan Nasional Revolusi Mental dan untuk menyiapkan generasi emas tahun 2045.

Demikian disampaikan Walikota Payakumbuh diwakili Asisten II setdako payakumbuh Amriul Dt. Karayiang, ketika upacara peringatan Hari Guru Nasional (HKN) ke 72 tahun 2017 di gelanggang Pacu Kuda Kubu Gadang kota Payakumbuh, Sabtu (25/11).

Tampak hadir dalam peringatan HGN tersebut ketua DPRD YB. Dt. Parmato Alam, Kepala Dinas Pendidikan Agustion, Kepala Kankemenag Asra Faber, Ketua Dewan Pendidikan Nedi Rinaldi, Ketua PGRI Dalius. Selain itu juga hadir pejabat fungsional guru dan pengawas dijajaran diknas dan Kemenag. Bertindak sebagai komandan upacara, Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Riswandi.

Dalam amanat upacara bendera peringatan HGN, Amriul Dt. Karayiang membacakan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy. Peringatan HGN tahun 2017 yang bertema Membangun Pendidikan Karakter melalui Keteladanan Guru.

Untuk itu guru berperan sebagai significant other dan menjadi keteladanan bagi peserta didik. Sebab, tidak ada seorang manusia akan sukses tanpa sentuhan seorang guru. Pemerintah akan tetap berupaya meningkatkan kesejahteraan guru termasuk yang sedang mengabdi di daerah tertinggal. 

Karena guru bertanggungjawab langsung kepada pemerintah, diharapkan guru meningkatkan kapasitas, kompetensi, profesionalisme serta gigih melahirkan berbagai inovasi," ungkap Amriul.

Kegiatan ini diisi dengan penampilan atraksi seni budaya Minangkabau dan setelah pelaksanaan, upacara bendera kegiatan dilanjutkan dengan tabligh akbar dengan pentausiyah, ustadz Zulkifli. (ada)

google+

linkedin