BIJAK ONLINE (Padang Pariaman)—Masyarakat Korong Kampung Tangah, Nagari Lurah Ampalu KecamatanVII Koto Sungai Sariak, akan mengadakan “Alek Nagari” menyambut perantau pulang basamo, dalam rangka lebaran Idul Fithri 1438 H/2017. 

Demikian disampaikan Wali Korong Kampung Tangah, Adatman Akbar, kepada Tabloidbijak, Rabu (28/6/2017) melaui telepon selularnya. 

Dikatakan, alek nagari ini akan diisi dengan hiburan kesenian indang selama satu minggu dan acara akan digelar, mulai Sabtu (1/7/2017) dan berakhir Sabtu (8/7/2017) yang dipusatkan di laga-laga Kampung Tangah. 

Lebih jauh dijelaskan, tahun ini perantau Kampung Tangah, pulang basamo dan serentak dari rantau dalam rangka menyambut Lebaran Idul Fithri 1438 H/2017, warga Korong Kampung Tangah, sebagian besar hidup di perantauan, seperti, Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali, Medan, Aceh, Batam dan bahkan ada yang merantau ke negara tetangga seperti Malaysia dan Singapure. 

Ditambahkan Adatman, kegiatan ini akan dibuka Camat VII Koto, sekitar jam 15.00 Wib, para perantau akan diarak dengan gandang tasa dari perbatasan Korong Kampung Tangah dengan Korong Simpang Barangan, ke lokasi alek nagari dan setelah itu akan dimulai dengan kata sambutan dan antaran kata dari  pantia.

“Acara pulang basamo ini, sudah menjadi pertemuan Siltarahmi rutin oleh perantau dengan sanak keluarga baik yang sama-sama di rantau atau pun dengan sanak keluarga yang di kampung, karena rantau mereka juga berpisah,” ujar Adatman Akbar.

Menurut Adatman, malam harinya masyarakat juga memohon kehadiran Bupati Padang Pariaman, Drs. H. Ali Mukhni dengan Wakil Bupati Suhatri Bur, SE, MM, karena para perantau juga ingin bertatap muka dengan pemimpin mereka yang jarang mereka jumpai dan kalaupun ada pulang kampung, ngak mudah untuk bisa berjumpa dengan pimpinan daerah.

“Pada kesempatan ini lah diharapkan ada pertemuan dan Silaturahmi antara masyarakat rantau dengan Bupati dan Wakil Bupati dan ini merupakan kesempatan emas, sekali membuat acara, banyak hal yang dapat laksanakan, disamping silaturahmi antara masyarakat rantau dengan kampung, sekaligus silaturahmi dengan pimpinan daerah,” ulang Adatman.

Diasmping itu,  panitia juga mengundang anggota DPRD Kabupaten Padang Pariaman, terutama daerah pemilihan wilayah dua dengan anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, termasuk seluruh urang sumando Kampung Tanagah dan masyarakat VII Koto umumnya.

“Pokoknya, handai tolan yang ingin menyaksikan kesenian indang ternama Padang Pariaman, diharapkan sungguh kehadirannya, dari malam pertama sampai malam terakhir,” ulas Adatman mengakiri. (amir)

google+

linkedin