BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)---Kelurahan Payobasung, kecamatan Payakumbuh Timur lakukana Pelatihan Vocational dalam Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) di lapangan bola volly Kaluek kelurahan Payobasung, Senin, (23/10).

Kepala Kelurahan Payobasuang Irwan Suwandi, kepada wartawan di ruang kerjanya, mengatakan, dengan adanya pelatihan Vocational ini masyarakat bisa lebih cepat,  cermat dan cerdas dalam menghadapi setiap bahaya kebakaran yang ada dirumah maupun dilingkungan nya sendiri, sehingga masyarakat nantinya bisa meminimalisir timbulnya korban materi maupun korban jiwa. 

"Masyarakat yang telah mengikuti pelatihan, menjadi pionir ditengah-tengah masyarakat, masing-masing dalam menghadapi bencana kebakaran,  sakaligus mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkannya dari pelatihan ini,  sehingga terbentuk masyarakat sadar bencana," harap Irwan. 

Sebelumnya, materi pelatihan ini di sampaikan Pol PP dan Damkar melalui Kasi Ops. Bidang Damkar Kota Payakumbuh Ahdion didampingi Danru Indra Jaya dan Afrizal Cam beserta anggota Damkar lainnya. 

“Pelatihan ini diikuti peserta dari ASN Kelurahan,  pengurus LPM,  PKK,  RT/RW, Karang Taruna,  BKM Saraso Payobasung, Dan tokoh masy Kelurahan Payobasung dengan jumlah peserta sebanyak 50 orang, “ujar Irwan.

Sementara itu, Kasi Ops bidang Damkar Ahdion menyebutkan, sebaiknya seluruh kelurahan menggelar kegiatan yang sama, seperti dilakukan kelurahan Payobasung, tujuannya agar seluruh warga Payakumbuh dapat pengalaman yang sama menghadapi bencana kebakaran.

“Harapan kita, materi yang telah disampaikan kepada masyarakat bermamfaat hendaknya, sehingga masyarakat betul-betul menyadari bahaya kebekaran. Maka, sebelum terjadi kebakaran, kita semua sudah bisa mengantisipasinya, “ujar Ahdion. (ada)

google+

linkedin