BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)---Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi, mengatakan, kemiskinan dan pengangguran masih menjadi permasalahan kota dan perlu ditangani dengan sistematik, terpadu, dan menyeluruh. Serta perlu disusun langkah-langkah strategis dan kompresensif.

Hal tersebut disampikan Riza Falepi saat membuka Forum Konsultasi Publik (FKP) Rancangan Awal RPJMD kota Payakumbuh 2017-2022, di GOR M. Yamin Payakumbuh, Senin (23/10), 

Kita melihat pada tahun 2012 tingkat kemiskinan Kota Payakumbuh sebesar 9,00%. Turun menjadi 7,81 % pada 2013. Dari tahun ke tahun terus menurun. Dalam kurun waktu 2012 - - 2016 terjadi penurunan tingkat kemiskinan sebesar 2,55 %.

Menurut Riza, penurunan tingkat kemiskinan ini berkat adanya gempuran program seperti Program Keluarga Harapan, membantu pendidikan anak-anak yang kurang mampu, dan beberapa program lain.

Satu hal lagi yang tidak berubah-berubah secara signifikan adalah angka pengangguran. Masih di angka 7%. Itu terbukti dengan banyaknya yang datang ke saya mengantarkan ijazah anaknya untuk bisa diterima menjadi THL.

Melihat kenyataan itu di periode kedua ini, satu program yang akan dilaksanakannya adalah menurunkan angka pengangguran. Bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK), Pemko Payakumbuh akan melatih dan mencarikan pekerjaan kepada lebih kurang seribu orang.

Bekerjasama dengan Kementerian Tenaga Kerja, kita akan melaksanakan job fair. Kita juga akan bantu pelatihan-pelatihan lain. Sekarang kita anggarkan lebih kurang 2,5 milyar, bekerjasama dengan Sahid, yang merupakan sekolah perhotelan terbaik di Indonesia. 

“Harapan saya, setelah mereka dilatih selama enam bulan sampai satu tahun, bisa bekerja di mana saja. Tidak hanya di Indonesia, tapi bisa bekerja di Malaysia, Jepang, dan Thailand. Harus kongkrit, sehingga angka pengangguran itu bisa berkurang. Kalau semua masuk THL tak sanggup kita, “ujar Riza.

Riza juga mengingatkan, kiranya FDK dapat dimanfaatkan untuk diskusi, memberi masukan maupun kritikan untuk kebaikan Payakumbuh ke depan. “Sesuai dengan visi kami bersama Bapak Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz, Payakumbuh Maju, Sejahtera, dan Bermartabat dengan Semangat Kebersamaan Menuju Payakumbuh Menang. 

Untuk itu, kami mengajak semua elemen masyarakat Kota Payakumbuh untuk secara bersama-sama saling memaafkan, melupakan semua perbedaan yang ada, dan mari kita bersatu padu membangun Kota Payakumbuh. ‘Mambali samba di hari balai, samba dibali karabu baluik, Pemilukada alah salasai, biduak lalu kiambang batauik,” Riza berpantun. (ada)

google+

linkedin