BIJAK ONLINE (Kt. Pariaman)-- Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat, Drs. H. Salman, membuka Musabaqah Tilawati Qur’an (MTQ)  ke VII Tingkat Kota Pariaman, Kamis (17/11/2016) malam, di halaman Kantor Camat Pariaman Utara Kota Paariaman. 

Wali Kota Pariaman, Drs.H. Mukhlis Rahman, MM  mengatakan dalam penyelenggaraan MTQ, hendaknya a dapat mengembangkan nilai-nilai qur'ani, serta bukan hanya pandai membaca saja, tetapi memahami dan melaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. 

"Diharapkan ajang MTQ ini lahir qori/qoriah serta hafiz/hafizah,  dan cabang lainya dari Kota Pariaman, untuk menghadapi MTQ Tingkat Provinsi Sumatera Barat pada  Tahun 2017 dimana Kota Pariaman menjadi tuan rumah MTQ Provinsi Sumbar ke 37 nanti," tukasnya.

MTQ merupakan wahana untuk menumbuh kembangkan semangat membca dan mempelajari Al qur'an, sehingga Al Qur'an benar-benar dijadikan pedoman hidup dalam menghadapi derasnya pengaruh globalisasi, terutama bagi anak-anak dan generasi muda.

"Kita juga telah menggalakkan Masyarakat Magrib Mengaji, sebagai  salahsatu cara untuk meramaikan mesjid, musholla dan surau yang ada di Kota Pariaman, serta mensyiarkan agama allah dengan membaca Al Qur'an dari setelah Sholat Magrib sampai masuknya waktu sholat Isya," terangnya.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat Salman mengapresiasi program yang telah dibuat oleh Pemko Pariaman, ditambah Wali Kota serta jajarannya langsung turun ke Mesjid dan Musholla yang ada di Kota Pariaman, dan hal ini merupakan kerja ikhlas yang patut kita apresiasi, tuturnya.

"Sebelum kesini saya berkesempatan diajak Wali Kota Pariaman,  mengikuti Magrib Mengaji di Mesjid Baitul Makmur Desa Kampung Baru Padusunan, dan masyarakat yang terlibat bukan hanya orangtua saja, tetapi anak-anak, remaja, wanita dan laki-laki yang ikut menyemarakkan Magrib Mengaji ini, Subhanallah," ucapnya.

Kita Jadikan Momentum MTQ tingkat kota Pariaman ke VII, sebagai era kebangkitan generasi Qur'ani di Bumi kota Tabuik ini khususnya, dan Provinsi Sumatera Barat umumnya, tutupnya.

Hadir juga Wakil Ketua DPRD John Edwar dan Syafinal Akbar bersama Anggota DPRD lainya, Kepala Kemenag Kota Pariaman Helmi dan jajaran, Ketua TP PKK Ny. Reni Mukhlis, Ketua GOW Ny. Lucy Genius, Ketua DWP Ny. Kartini Indra, Panitia Acara, Dewan Hakim, Peserta serta masyarakat yang hadir. 

Wakil Walikota Pariaman Genius Umar, Ketua DPRD Kota Pariaman Mardison Mahyuddin, Sekdako Pariaman Indra Sakti, Camat Pariaman Utara Afwandi, dan Forkopimda Kota Pariaman. (j/amir)

google+

linkedin