Para pemuda di jorong Bukik Kili, nagari Koto Baru, kecamatan Kubung, tampak secara bergoro membuat keramba untuk pengembangan bibit ikan untuk menopang perekonomian masyarakat sekitar

BIJAK ONLINE (SOLOK)-Para pemuda Jorong Bukit Kili, Nagari Koto Baru, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, memang kreatif dan bisa menjadi contoh bagi pemuda di daerah lain. Mereka dengan sigap memanfaatkan peluang seperti dengan cara memanfaatkan anak sungai (banda) yang melintas di jorong tersebut dengan cara beternak bibit ikan di dalam keramba.

Bahkan dengan cara bergotong royong, para pemuda yang tergabung dalam kelompok tani ikan, membuat keramba dan memasangnya di sepanjang kali di jorong mereka. “Semoga ini bermanfaat bagi para pemuda dan bisa menopang perekonomian masyarakat dan juga pemuda di sekitar sini,” jelas tokoh masyarakat setempat, Rizki Nofrizal Saad, yang sehari-hari bekerja di kantor  KUA Kubung.

Ditambahkan Rizki, dengan adanya kesibukan bagi para pemuda, maka setidaknya bisa mencegah mereka untuk berbuat hal-hal yang tidak bermanfaat, seperti terlibat narkoba. “Kedepannya kita akan terus mengembangkan usaha beternak ikan ini karena sangat menjanjikan,” tambah Rizki.

Walinagari Koto Baru, Afrizal K Malin Batuah memberi apresiasi dan mendukung penuh apa yang dilakukan para pemuda Bukik Kili dengan memanfaatkan Kali untuk beternak ikan secara berkelompok. “Saya memberi apresiasi kepada pemuda Bukik Kili, karena ini adalah salah satu bentuk kekratifan mereka dan bisa menghasikan uang,” jelas Afrizal K Malin Batuah.

Dia juga menyebutkan bahwa jorong Bukik Kili merupakan sebuah jorong dari 8 jorong yang ada di nagari Koto baru. Bahkan dengan nagari yang berpenduduk cukup padat yakni mendekati 25 ribu jiwa, maka masyarakatnya diminta untuk kreatif agar bisa menciptakan lapangan pekerjaan dan juga penghasilan (wandy)


google+

linkedin