BIJAK ONLINE (PADANG)--- Niat panitia untuk menghadirkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Imam Nachrowi pada pembukaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumbar ke-14 di Kota Padang, Sabtu (19/11) malam tampaknya belum kesampaian. 

Pasalnya, pada waktu bersamaan orang nomor satu di jajaran Kemenpora RI itu mendapat tugas penting oleh Presiden Jokowi ke Jawa Tengah. Sehingga, dia terpaksa mengutus Sekretaris Menpora, Dr Alfitra Salam untuk mewakilinya ke Padang.

“Ya, kita sudah berusaha maksimal untuk menghadirkan Menpora membuka kegiatan Porprov ini. Namun, barusan kita mendapatkan telepon dari Jakarta bahwa bapak Menpora tidak bisa hadir dan digantikan Sesmenpora,” ungkap Sekda Kota Padang, Ir H Asnel, di sela-sela memantau acara gladi resik pembukaan Porprov di GOR H Agus Salim Padang, Jumat (18/11) malam.

Ikut hadir mendampingi Sekda Kota Padang yang baru saja dilantik itu Kadispora Kota Padang, Suardi Junir, anggota DPRD Padang dari Partai Nasdem, Dian Anggraini dan Kabag Umum, Alfiadi.

Menurut Asnel, meski Menpora batal hadir tapi tetap tidak mengurangi kemeriahan acara pembukaan yang telah didesain dengan baik oleh panitia. Sebab, sejumlah pejabat lainnya dipastikan hadir sesuai yang dijadwalkan. Seperti Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim, Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah, Ketua DPRD Kota Padang Erisman dan pejabat Forkopimda Provinsi Sumbar dan Kota Padang serta ribuan masyarakat.

“Saya rasa tak ada masalah. Yang tidak hadir kan bapak Imam Nachrowi-nya, tapi Menporanya kan tetap walaupun diwakili Sesmenpora,” kilah Asnel yang otomatis langsung ditunjuk sebagai Ketua Kontingen Kota Padang menggantikan posisi yang ditinggalkan Sekda sebelumnya Nasir Ahmad yang telah pindah tugas ke Provinsi Sumbar.

Sementara Kadispora Kota Padang, Suardi Junir yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia pelaksana Porprov XIV Sumbar menyebutkan, untuk acara serimonial pembukaan dipercayakan kepada pihak Event Organizer (EO) yang melibatkan sebanyak 400 penari klosal berasal dari Sanggar Tari Serunai Serumpun Kota Padang yang berpusat di Kecamatan Pauh. 

Selain itu, juga akan dihibur dengan penampilan berbagai atraksi menarik yang diperagakan sejumlah pendekar silat dan grup randai. Kemudian, di puncak acara penonton akan dihibur dengan pesta kembang api serta penampilan grup band musik papan atas ibukota Jakarta J-Rock.

“Insya Allah, acara pembukaan Porprov Sumbar 2016 akan berlangsung meriah. Semoga cuaca besok malam (hari ini, red) juga mendukung,” ucapnya berharap.

Ditambahkannya, acara pembukaan yang dijadwalkan berlangsung mulai pukul 18.00 WIB itu akan dipandu tiga orang MC (pembawa acara) yang sudah profesional, yakni Imelda, Odi dan Riko. Untuk itu, ia mengimbau masyarakat Kota Padang pada khususnya dan masyarakat Sumbar pada umumnya untuk berbondong-bondong menyaksikan acara pembukaan Porprov tersebut. (bom)

google+

linkedin