BIJAK ONLINE (PASAMAN)-Wakil Bupati Pasaman H Atos Pratama membuka acara Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXIV Tahun 2017 Tingkat Kabupaten Pasaman di Mega Wisata Bonjol, Minggu (15/10)

Wakil Bupati Pasaman H Atos Pratama, juga menyampaikan, bahwa sangat diperlukan peran kontribusi bersama untuk menjawab tantangan keluarga yang berkualitas dan memberikan perhatian kepada keluarga. 

"Ini sesuai dengan tema yang ditetapkan pada peringatan keluarga nasional tahun ini, adalah "Dengan Harganas Kita Bangun Karakter Bangsa melalui Keluarga Yang Berketahanan,"ujar wabup.

Kepala Perwakilan BKKBN provinsi Sumatera Barat, H.Syahruddin, mengatakan disetiap keluarga harus menjalankan delapan fungsi keluarga untuk membangun keluarga yang berketahanan . Orang tua menjadi panutan bagi anaknya. Proses dalam bentuk pendidikan, pengasuh, pembiasaan dan keteladanan.

"Delapan fungsi keluarga itu seperti fungsi agama, sosial budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi pendidikan, ekonomi dan lingkungan," ungkapnya.

Pada kesempatan itu Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Pasaman Yusnimar, mengatakan keluarga adalah lembaga terkecil yang ada di masyarakat , tempat berseminya kasih sayang, membangun moral dengan silih asah dan silih asuh.

“Mari kita awali dengan membangun keluarga yang berkualitas, karena semuanya berangkat dari keluarga. Dengan terciptanya keluarga yang sakinah mawadah warahmah akan berdampak terhadap pembanguanan lainnya,” kata Yusnimar.

Setelah mengetahui makna keluarga yang sakinah, mawaddah dan rahmah, pada intinya masing-masing dalam rumah tangga mampu mengetahui cara menjaga keharmonisan dalam rumah tangga menurut islam, sehingga tidak terjadi kekacuan   Dalam acara ini yang hadir, Forkopimda, Kadis OPD Kabupaten Pasaman , Camat dan Walinagari Se-Kabupaten Pasaman.(Fauzan)

google+

linkedin