TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman)-- Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit, di Pantai Gandoriah, tutup rangkaian Pesona Hoyak Tabuik Piaman tahun 2017, dengan dibuangnya 2 (dua) Tabuik ke laut, yaitu Tabuik Pasa dan Tabuik Subarang. Minggu (1/10/2017).

Nasrul Abit mengapresiasi atas apa yang telah dilakukan Pemerintah Kota Pariaman yang dengan serius menggarap potensi Pariwisata yang ada di daerahnya.

"Ini dapat kita lihat dari perencanaan, pembangunan infrastuktur serta pengganggaran yang dilakukan oleh Kota Pariaman, untuk menunjang Pariwisata sebagai andalan daerahnya," ujarnya.

Wagub Sumbar ini  juga mengungkapkan Provinsi Sumatera Barat, saat ini sangat serius menggarap potensi Pariwisata sebagai sektor yang paling banyak diminati oleh wisatawan, khususnya wisatawan Malaysia. 

"Untuk itu setiap Kabupaten dan Kota yang ada di Sumbar, agar dapat melihat peluang ini, dan konsep wisata di daerah meraka harus jelas, termasuk soal penganggaran, karena nanti di Provinsi Sumatera Barat akan memberikan dana pendampingan untuk itu," tukasnya. 

Tabuik Piaman ini, adalah sebuah warisan budaya yang telah sejak lama ada di Piaman, baik Kabupaten dan Kota Pariaman. Dan dengan terus diselenggarakan Tabuik Piaman setiap tahunya, dan dengan APBD daerah, diharap dapat menjadi magnet bagi wisatawan yang datang dari seluruh indonesia, bahkan mancanegara, tutup Nasrul Abit. 

Walikota Pariaman Mukhlis Rahman dalam sambutannya mengungkapkan Tabuik Piaman adalah warisan budaya yang harus kita pertahankan demi kelangsungan budaya untuk generasi selanjutnya. 
"Pariaman terkenal dengan Tabuik nya, setiap tahun kita laksanakan agar menjadi sebuah warisan yang dapat diteruskan untuk melestarikan Budaya kita," tuturnya. 

Lebih lanjut ia menambahkan bahwa Kota Pariaman tidak mempunyai sumber daya alam yang bisa kita buat untuk pemasukan daerah, hanya Pariwisata yang dapat kita garap sebagai salah satu pemasukan daerah.

"Banyak Multipalyer Effect yang didapat dengan kita selenggarakan Tabuik Piaman ini, mulai dari peningkatan ekonomi masyarakat dan meningkatnya kunjungan wisatawan yang datang, ini dapat dilihat dari tingginya animo masyarakat yang datang untuk menyaksikan event tahunan Tabuik Piaman ini," ulasnya.

Dengan seriusnya kita di Pemko Pariaman menggarap Pariwisata sebagai andalan utama daerah, diharapkan akan menjadi peluang untuk warga masyarakat Kota Pariaman dalam berusaha, sehingga peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud, tutup Mukhlis Rahman. (J/amir)

google+

linkedin