TABLOIDBIJAK.COM (Padang Pariaman)—Asisten II Kabupaten Padang Pariaman, Drs. H. Idarus Salam, mengatakan, semenjak masa Orde Baru, Bangsa Indonesia telah memilih jalan pembangunan berkelanjutan sebagai sebuah visi pembangunan. Pembangunan berkelanjutan yang berupaya menghadirkan kesejahteraan berkeadilan dan pembangunan ekonomi  yang inklusif bagi segenap rakyat Indonesia.

Hal itu disampaikan Idarus Salam, ketika membuka Pertemuan Forum Data dan Informasi Pembangunan sekaligus Soft Launching “Lumbung Data” Kabupaten Padang Pariaman, Rabu (4/10/2017) di IKK Paritmalintang.

Dikatakan, penciptaan kesejahteraan dan pembangunan ekonomi semacam ini mungkin untuk diwujudkan manakala bagian-bagian penunjang, yang bekerja di ranah kehidupan sosial, ekonomi dan lingkungan hidup, satu dengan yang lain berfungsi seacara harmonis serta seimbang dan berkesinabungan.

Kesejahteraan yang berkeadilan dan perekonomian yang inklusif itu, hanya mampu kita  capai apabila kegiatan pembangunan di daerah dapat di kita laksanakan dan dikelola seabagai sebuah kestuan yang utuh dan terpadu. 

“Dengan kata lain, kunci dari keberhasilan Pembangunan Berkelanjutan adalah keterpaduan, sinergi dan konsisten dari penyelenggara negara,” ujar Iadarus Salam.

Lebih jauh disampaikan, oleh karena itu target-target kesejahteraan rakyat yang berkeadilan dan perekonomian yang inklusif tidak mungkin kita capai seacara terkotak-terkotak dan bersifat sektoral. Pembangunan berkelanjutan meminta sebuah pendekatan pembangunan yang terintegrasi. 

Merancang dan mengelola program-program pembangunan, menjadi mustahil apabila kita tak bisa mengukur capaian atau kemajuan pembangunan itu sendiri.

Lumbung Data.
Data pembangunan berkelanjutan idealnya ditampilkan dalam atau melalui satu portal data  yang kita namakan “Lumbug Data” Kabupaten Padang Pariaman. Menurut teori, integritas data lebih mungkin untuk ditingkatkan apabila data pembangunan dapat diakses dari satu portal data. 

Selain itu, pengelolaan serta penggunaan data pembangunan menjadi lebih mudah dengan satu portal data. Seabagi prinsip, satu portal data disini di tempat pertama adalah tentang satu kebijakan diseminasi data.

“Satu kebijakan diseminasi data ini tentu tak bisa dilepaskan dari subtansi dan semangat Satu Data untuk Pembangunan Kabupaten Padang Pariaman yang berkelanjutan,” ungkap Idarus Salam.

Ketua Panita pepenyelenggara  kegiatan, Zahirman, S.Sos, MM dalam laporannya menyampaikan, maksud dan tujuan, penyelenggaraan pertemuan ini, dimaksudkan seabagai wahana diskusi dan konsultasi dalam pengelolaan data secara terpadu dan menjadikan hanya satu data Kabupaten Padang Pariaman yang muncul dan dapat diakses oleh masyarakat. (amir)

google+

linkedin