BIJAK ONLINE (LIMA PULUH KOTA)---Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) diwakili Dekan Fakultas Pariwisata dan Perhotelan UNP Ernawati mengatakan, setiap tahunnya melalui Fakultas Pariwisata dan Perhotelan pihaknya terus mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Ini tidak kalah pentingnya dari penelitian dan pengajaran. Salah satu yang harus menjadi perhatian kita adalah  toilet, merupakan salah satu sarana sanitasi yang paling vital, “ujar Ernawati dihadapan bupati Lima Puluh Kota H. Irfendi Arbi pada acara tim pengabdian kepada masyarakat di Lebah Harau, Kamis (28/9).

Dojelaskan Ernawati, sarana toilet umum merupakan salah satu jenis toilet yang diperuntukkan untuk masyarakat umum yang berkunjung ke suatu tempat. Pemerintah telah mengalokasikan sejumlah dana untuk pembuatan toilet yang bersih dan sehat. Tetapi terkadang kurangnya kepedulian masyarakat untuk menjaga kebersihan pun membuat program pemerintah untuk toilet bersih belim berjalan maksimal. 

“Padahal, kebersihan toilet termasuk salah satu yang paling diingat orang ketika berkunjung ke suatu tempat. Sayangnya, kesadaran untuk menjaga kebersihan toilet, apalagi toilet umum, masih sangat rendah, “kata Ernawati

Sementara itu, ketua jurusan Pariwisata Ira Meirina Chair mengatakan, kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh jurusan Pariwisata Fakultas Pariwisata dan Perhotelan dalam rangka kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi.

Kegiatan ini diikuti 100 orang yang terbagi dalam 5 kelompok, peserta terdiri dari Pelaku Wisata yang tergabung dalam kelompok Sadar Wisata, kelompok UKM Kuliner, Pengelola Toilet dan Anggota Sangar.

“Dipilihnya Objek Wisata Lembah Harau merupakan salah satu destinasi wisata andalan di Sumbar. Kegiatan Pengabdian ini sudah dilaksanakan sejak awal September, yang terdiri dari Pelaksanaan Event, Pelatihan Kuliner dan Pangan Lokal, Managemen Toilet, Pelatihan Sadar Wisata dan Pembuatan Signage, “jelas Ira Meirina Chair.

Sebelumnya, bupati H. Irfendi Arbi, mengatakan, salah satu objek wisata di kabupaten Lima Puluh Kota yakni Lembah Harau sangat banyak diminati pengunjung, termasuk dari manca negara.  Harau kedepan dapat meningkatkan perekonomian masyarakatnya dan peningkatan wisatawan yang berkunjung. 

Lembah Harau memiliki potensi yang luar biasa. Kini kita sudah mulai, demi mendongkrak potensi wisata bekerjasama  dengan UNP, peran dan fungsi pemerintah  beserta masyarakat guna meningkatkan daya saing, kreatifitas, partisipasi dalam proses pembangunan wisata terus kita kembangkan.

“Semoga kegiatan dilaksanakan UNP ini, bermamfaat bagi seluruh masyarakat kabupaten Lima Puluh Kota dan terima kasih kepada UNP yang telah menjatuhkan pilihannya mengadakan kegiatan di lebha Harau, dan kepada adik-adik siswa UNP jurusan Pariwisa, kami yakni akan  betah disini dan sungguh-sungguh melaksanakannya, “ujar bupati Irfendi Arbi. (ada)

google+

linkedin