Kopi luwak asli memiliki segudang manfaat. Beberapa sudah diuji para ahli, sedangkan lain-lainnya bisa diidentifikasi secara langsung saat meminumnya. Pernahkah Anda mencecap atau meminum kopi luwak asli? Kalau belum, artikel ini sangat cocok. Apabila sudah, setidaknya bisa dijadikan tambahan referensi biar tidak salah pilih minum kopi ke depannya.

1. Saat Diaduk Selalu Keluar Busa

Minuman kopi pada umumnya hanya berbusa ketika diaduk pertama kali. Pada adukan selanjutnya tidak ada sama sekali. Inilah keistimewaan kopi luwak asli. Busa yang keluar dikarenakan kulit ari biji kopi saat digiling bersama bijinya itu ikut tergiling. Busa yang keluar memang tidak seramai minuman soda. Kalau mau disamakan, mirip dengan krim.

2. Kentalnya Rasa Kopi Nyangkut di Tenggorokan

Sehabis minum kopi luwak pasti meninggalkan kesan seperti ini. Pengalaman unik ini yang kerap bikin para penikmatnya selalu terkenang akan kelezatan minuman kopi luwak. Akhirnya menjadi semacam pemicu rasa rindu ingin minum lagi. Para penikmat kopi pasti mampu membedakannya ketika minum kopi biasa.

3. Aromanya Sangat Kuat

Kuatnya aroma kopi luwak asli membuat siapa pun akan merasa jatuh cinta pada isapan pertama. Apabila Anda sudah sering minum berbagai varian kopi, pasti mudah membedakan aroma tiap minuman kopi. Bahkan untuk yang pemula sekalipun, aromanya sukses bikin hidung terasa dimanjakan. Apalagi kalau sudah disesap dan diminum.

4. Harga Kopi Luwak Super Mahal

Masing-masing negara memiliki standar harga kopi luwak yang berbeda. Tergantung seberapa besar suplai olahan kopi luwak di negara tersebut. Bandingkan saja kopi luwak di Inggris dengan di Indonesia. Di Inggris, untuk satu cangkir kopi luwak asli, bisa mencapai 1 juta Rupiah. Sedangkan di Indonesia 400 ribu sampai 600 ribu Rupiah.

5. Serbuknya Langsung Tenggelam ke Air

Untuk membedakan kopi luwak yang asli dengan yang bukan bisa pakai poin ini. Tenggelamnya serbuk kopi tidak pakai melayang-layang dulu. Begitu dimasukkan ke air, langsung tenggelam ke dasar. Kopi luwak yang sudah banyak campurannya pasti kurang reaktif. Kalau faktanya seperti di poin kelima ini, sudah dipastikan asli.

6. Biji Kopi Harum Aromanya

Mungkin Anda tidak beli secara bubuk, melainkan dalam bentuk biji. Alasannya memiliki harga lebih murah, walaupun sedikit saja selisihnya. Pada biji kopi luwak yang asli, aromanya sangat harum. Mirip dengan bau harum pandan. Tapi kalau dulunya dimakan oleh luwak bulan, pastikan aromanya seperti ada pesing-pesingnya. Kalau tidak, wajib curiga.

7. Pada Biji Kopinya Masih Tertinggal Kulit Ari

Sebagaimana yang sudah kita bahas sebelumnya, kulit ari pada kopi luwak asli tidak akan terlepas meskipun digiling berapa kali pun. Ini kenyataan. Ketika Anda beli versi bijinya, periksalah kulit arinya. Apakah ada atau tidak. Letaknya biasa menempel di belahannya, mengingat kopi merupakan buah dari tanaman dikotil.

8. Warna Biji Kopinya Cokelat dan Agak Kekuningan

Pada biji kopi yang belum dimakan luwak biasanya memiliki warna full cokelat. Kadangkala hijau, sebab belum terlalu matang. Sedangkan biji kopi luwak asli yang sudah melewati fase fermentasi dalam perut luwak, warnanya bergeser jadi agak kekuningan. Hal ini disebabkan oleh keterlibatan zat asam pada kopi luwak tersebut.
Beruntung, Indonesia menjadi penemu kopi luwak asli. Di beberapa tempat sudah banyak yang membudidayakan binatang luwak pemakan kopi. Begitu pula dengan budidaya kopi Arabik atau Robusta yang kerap dijadikan makanan pencuci mulut oleh luwak-luwak tersebut. Dengan memahami ciri kopi luwak asli tersebut, Anda jadi lebih mawas diri.

google+

linkedin