BIJAK ONLINE (Sijunjung)---Suasana penuh keakraban terlihat dalam pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 101 Kodim 0310 Sijunjung di Nagari Sibakur Kecamatan Tanjung Gadang, Jum'at, 20 April 2018.

Karena masyarakat yang ada di Nagari Sibakur dan anggota Satgas TMMD ke 101 ini, seakan tidak punya batas atau perbedaan. Keakraban itu terlihat saat masyarakat dan anggota satgas TMMD, makan malam bersama-sama. Bahkan malam itu, bukan hanya makan malam bersama, akan tetapi berlanjut dengan tidur malam bersama, karena anggota satgas TMMD ini, memang ditempatkan di rumah warga dan berbaur dengan keluarga dalam rumah itu.

Aripin yang sudah berumur 70 tahun salah seorang pemilik rumah di Nagari di Sibakur, mengungkapkan rasa senang dan syukurnya, karena rumahnya dan keluarganya dapat tidur bersama tentara seperti satu keluarga. “Kami senang dan bersyukur, karena ada anggota tentara yang tidur bersama di rumah kami, sehingga kami sama seperti keluarga. Ini kebanggaan besar bagi keluarga kami,” kata Aripin.

Warga Nagari Sibakur merasa terharu rumahnya bisa menampung tentara yang saat ini menjalankan program TMMD di kampung mereka. Bahkan, rata-rata rumah warga di kampung Nagari Sibakur ukurannya tidak terlalu besar dan sangat sederhana.

Kopda Marinir patra yang salah satu anggota satgas TMMD mengatakan, inilah sebenarnya jati diri TNI, karena TNI memang berasal dari rakyat dan bersama masyarakat, akan terjalin hubungan kekeluargaan dengan masyarakat itu sendiri. “Untuk itu kami berbaur dengan masyarakat setiap hari dan pada setiap kegiatan. Karena inilah bentuk kemanunggalan TNI dengan rakyat,” ujar Patra. (penrem)

google+

linkedin