BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)--- Suryadi (48) tahun dan Hasan Basri (46)tahun, dipercaya menjadi penjaga Pulau Angso Duo Kota Pariaman. Dua lelaki ini bertugas menjaga aset Pemerintah Kota Pariaman yang ada di Pulau Angso Duo. Selain itu mereka juga berkewajiban menjaga kelestarian tumbuh-tumbuhan serta kebersihan yang ada di pulau kebanggaan masyarakat Kota Pariaman.

“Saya mulai membersihkan sampah di pulau sejak pagi. Sampah organik biasanya saya kumpulkan pada suatu tempat untuk dikubur maupun dibakar. Sedangkan sampah plastik dikumpulkan dan dimasukkan ke dalam karung untuk dibawa ke daratan”, ujar Suyadi, Sabtu (21/4/2018) siang.

“Saya bisa mengumpulkan sampah hingga 50 kilo per hari bila hari biasa dan 200 kilo bila hari libur”, sambung suami Ramini ini”.


Ayah anak dua anak ini mengaku sangat menikmati pekerjaan yang sedang dijalaninya ini, begitu juga dengan Hasan Basri. Pria yang akrab dipanggil Buyuang Karani ini juga sangat bersukur dengan profesinya sekarang.

Petugas yang sama-sama mulai bekerja sejak awal tahun 2017 ini membagi dua wilayah kerjanya. Suryadi bertugas membersihkan wilayah ke Selatan. Sedangkan Buyuang Karani bertanggung jawab wilayah Utara.



Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Elfis Candra mengatakan kedua petugas tersebut bertugas sebagai menjaga aset Pemko Pariaman di Pulau Angso Duo, menjaga kebersihan dan menjaga kelestarian biota di dalamnya.

Selain itu mereka juga bertugas mengontrol pengunjung yang ada di Pulau Angso Duo. Petugas tersebut akan mengingatkan pengunjung yang berada di pulau untuk dibatasi paling lama sampai pukul lima sore.


Sedari pagi kedua pria ini sudah asyik mengayunkan sapu lidinya disepanjang pesisir pantai Pulau Angso Duo. Mereka tampak serius sekali menjalankan perkerjaan sebagai petugas kebersihan. Sementara pengunjung pulau terus berdatangan. (eri/amir)

google+

linkedin