TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman)—Program Keluarga Harapan (PKH) Kota Pariaman mengadakan FDS ( Familiy Development Session) atau lebih dikenal dengan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2), Rabu (18/4/2018)

Kegiatan ini diikuti penuh semangat walaupun panas terik tengah hari tidak membuat Keluarga Penerima Manfaat (KPM ) surut untuk menghadiri kegiatan FDS/ P2K2, belajar terstruktur di dalam program keluarga harapan ( PKH ) yang modulnya langsung dari Kemensos RI melalui ditjen linjamsos untuk menambah wawasan, pemgetahuan dan mengubah pola pikir (mindset) Keluarga Penerima Manfaat untuk kemudian lebih mandiri dan lebih kegiatan bberperilaku sesuai norma dan fungsi sosialnya.

P2K2 termasuk formula baru di dalam Program Keluarga Harapan yg melibatkan semua sisi di program unggulan Kemensos RI tersebut sebuah kebanggaan juga bagi tim pelaksana karna KPM menerima dengan hangat kegiatan tersebut dan dianggap sebuah moment yg menyenangkan dimana dapat berdiskusi dengan leluasa dan nyaman juga merupakan ajang silaturahmi antara KPM dengan pendamping dan pelaksananya, ungkapan salah satu pendamping di Kec. Pariaman Utara Deswita.

Deswita menambahkan Pada kesempatan kali ini kegiatan P2K2 diadakan gabungan dari tiga kelompok KPM. KPM lama dan KPM baru yg didampingi oleh Deswita dan Rizki pratama dan juga di hadiri oleh pendamping dari Kecamatan Timur, Tengah dan Selatan juga di awasi oleh Superfisor Firgianty dan Kordinator Kota Ruhul Fitrios yasran, bertempat di Desa Ampalu Kecamatan Pariaman Utara.

Modul yg akan diberikan kepada KPM berdasarkan asesmen dr pendamping terhadap kelompok KPM, lalu dilakukan pemetaan sesuai kebutuhan kelompok KPM.

Modul dengan sesi; "Membantu Anak Sukses di Sekolah " adalah pilihan yg tepat utk dibawakan oleh pendamping kec Pariaman Utara dalam konteks sesuai dg kebutuhan KPM nya berdasarkan asesmen kami,” tegas Deswita.

Pendamping Pariman Utara Rizki Pratama mengatakan agar KPM untuk memakai trik yang telah di jelaskan oleh Deswita dan dijamin juga bisa membantu anak untuk sukses di sekolah, karna pendidikan yang baik merupakan hak semua anak Indonesia yg harus dipenuhi.
Dalam hal ini orang tua sangat berperan dalam pemenuhan hak anak atas pendidikannya,dan memastikan anak yg berusia sekolah dasar hadir di sekolah.

Sementara itu Pekerja Sosial Supervisor ( Firgianty/fifi ),ikut menambahkan beberapa ice breaking selama kegiatan berlangsung, agar suasana P2K2 lebih berwarna dan ceria serta bergembira.

Fifi berujar "Sering-sering memberi ice breaking ketika proses pembelajaran itu bagus, karna ketika sel otak dalam kondisi fresh dan hati senang maka katup serapan pengingat di otak akan terbuka lebar dan siap utk belajar, namun sebaliknya jika kondisi sel otak tidak sedang fresh dan hati tidak sedang bergembira maka katup sel serapan otak akan tertutup alhasil belajarnya tidak optimal" ujar Fifi.

Koordinator PKH kota Pariaman Ruhul Fitrios yasran menambahkan bagi KPM yang hadir disini sekarang diminta datanya jika ada yg putus sekolah atau tidak pernah bersekolah karena akan di bantu utk menindak lanjutinya sampai bisa bersekolah, karna tidak ada alasan lagi kemiskinan menjadi penghalang untuk menjadi bintang.

Kegiatan P2K2 ini bisa terlaksana degan baik berkat arahan dan bimbingan tim support dari Dinsos Propinsi Sumbar dan Dinsos Kota Pariaman. (amir)

google+

linkedin