BIJAK ONINE (Padang)-Gubernur Sumatera Barat, Prof Dr H Irwan Prayitni PSi MSc menyebutkan, nama Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Padang berganti nama menjadi Lanud Sutan Syahrir, Rabu, 2 November 2016.

"Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Padang berganti nama menjadi Lanud Sutan Syahrir. Selain berganti naman, juga tipenya naik dari tipe C menjadi tipe B," kata Irwan Prayitno melalui informasinya di akun facebook, Irwan Prayitno.

Penggantian nama Lanud Padang ini, dalam rangka wujud penghormatan atas jasa-jasa dan pengabdian para tokoh pejuang yang telah berjasa terhadap bangsa dan negara

Sutan Syahrir lahir di Sumbar tepatnya di Padang Panjang. Pahlawan Nasional ini lahir 5 Maret 1909. Ia adalah seorang pejuang intelektual dan revolusioner yang mengambil jalan diplomasi secara elegan.

Perjuangan Sutan Syahrir menghalau penjajah dari tanah air dengan ide beserta fikirannya, ia curahkan untuk kemajuan dan pembangunan Indonesia menuju kemerdekaan. Setelah resmi berubah nama, diharapkan dapat mengharumkan nama daerah sekaligus meneruskan nilai-nilai juang pahlawan nasional ini.

"Kita setuju dengan nama ini dan tidak ada persoalan. Perubahan nama menjadi Sutan Syahrir menjadi semangat juang bagi generasi muda Sumbar, membangkitkan nilai-nilai kebangsaan," tulis IP di akunya tersebut. (rel).

google+

linkedin