BIJAK ONLINE (Pasaman)-Pemerintah Kabupaten Pasaman punya kiat untuk mempromosikan objek wisatanya. Salah satu caranya dengan menggelar pemilihan Uda Uni 2017 yang Grand Finalnya dilaksanakan di  Gedung GOR Tuanku Rao Lubuk Sikaping, Kamis malam, 7 September 2017 lalu.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Bupati Atos Pratama, Kapolres dan Dandim 0305 Pasaman serta Beberapa anggota DPRD. Kemudian juga dihadiri seluruh SOPD, awak media dan ratusan masyarakat dari sekitar Lubuk Sikaping.

Dalam grand final itu, Caesar Firdaus yang merupakan karyawan Bank Nagari Lubuk Sikaping berasal dari kecamatan Lubuk Sikaping dan Intan Susilo juga berasal dari Lubuk Sikaping terpilih menjadi pemenang. Penentuan pemenang tersebut secara langsung oleh Bupati Pasaman Yusuf Lubis dan Ibu Hj. Gustinar Siregar.

Ricky Riswandi selaku Ketua Panitia juga sebagai Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (DISPORAPAR) Pasaman menejalaskan, “Peserta yang mengikut ajang ini sebanyak 36 orang, terdiri dari 16 orang Uda dan 20 Uni”, jelasnya.

“Uda Uni yang terpilih diharap mampu mengemban tugas untuk mempromosikan wisata yang ada di Pasaman, baik itu ke Sumatera Barat hingga tingkat Nasional”, turur Ricky.

“Sebagai utusan Pasaman mereka sangat diharapakan untuk dapat memperlihatkan kelebihannya dan memperlihatkan Pasaman keluar daerah”, harapnya.

Lebih jauh Ricky Riswandi menjelaskan, “Pemilihan Uda Uni tingkat Sumatera Barat akan berlangsung tanggal 30 November besok”. “Sebelum keberangkatan nanti, mereka akan dibekali lebih dalam tentang wawasan yang dibimbing oleh Ikatan Uda Uni Pasaman”, jelasnya.

Bupati pasaman dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemilihan Uda dan Uni adalah kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun. Pemilihan itu bertujuan untuk mendorong semangat Seni Kebudayaan di Pasaman.

“Dengan terlaksananya kegiatan ini diharapkan Uda Uni bisa ikut serta dalam berpartisipasi dan meningkatkan kecintaan kepada budaya yang ada di Kabupaten Pasaman, sebagaimana Visi pemerintah daerah yaitu terwujudnya masyarakat yang Sejahtera, Agamis dan Berbudaya”, katanya

“Kami selaku pemerintah daerah sangat mengapresiasi kegiatan ini, dengan harapan besar agar mereka dapat dijadikan mitra pemerintah darah dalam berpikir dan berkarya untuk kemajuan Pasaman”, harapnya.(Fauzan)

google+

linkedin