BIJAK ONLINE (Padang)-Program Studi (Prodi) Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ekasakti (FKIP UNES) berhasil meraih Akreditasi “B” setelah dinilai oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) yang ditetapkan dengan Surat Keputusan BAN PT No. SK 2408/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2016 berlaku hingga 20 0ktober 2021. 

Hal ini diungkapkan Ketua Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ekasakti Padang, Dr. H. Salman M Noer, M.Pd,  di ruang kerjanya Selasa (15/11) kemarin Jl. Veteran Dalam No. 26 Padang.

Salman mengatakan persiapan akreditasi Program Studi Pendidikan Ekonomi mulai persiapan visitasi Dekan FKIP Universitas Ekasakti Padang Almarhummah Hj. Erawati Toelis, Sekretaris, Ketua Prodi, Dosen dan mahasiswa serta alumni telah berusaha dan bekerja keras untuk memenuhi segala persyaratan guna meraih nilai tinggi, dalam penilaian yang dilakukan oleh Tim Asesor berasal dari Universitas Negeri Semarang (UNNES) Prof. Dr. Rusdarti, M.Si dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung Prof. Dr. Agus Rahayu, MS.
  
Kemudian Salman M Noer menyebutkan untuk memperoleh akreditasi “B” tersebut ada 7 (tujuh) standar yang harus dipenuhi, masing-masing Visi dan Misi, Sistem Pengelolaan, Mahasiswa dan Lulusan, Sumber Daya Manusia, Sarana dan Prasarana, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Hasil penilaian akreditasi “B” itu kita terima tanggal 7 November 2016, merupakan hasil kerja keras Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ekasakti Padang Almarhummah Hj. Erawati Toelis, Sekretaris, Ketua Prodi, Dosen dan Alumni serta mahasiswa FKIP UNES. Kita akan berusaha dan bekerja keras lagi untuk meraih Akreditasi “A”, dan menjaga  pembelajaran  yang berlangsung saat ini  secara berkelanjutan, tambah Salman

Dengan akreditasi “B’ akan kita tingkat menjadi Akreditasi “A” sehingga mudah mendapatkan dana hibah, dana penelitian dan dana pengabdian kepada masyarakat serta memudahkan lulusan memperoleh pekerjaan baik guru maupun non guru. Insya Allah Akreditasi ini sebagai dasar untuk memperoleh Akreditasi “A”  tahun berikutnya. Kita optimis bisa meraih Akreditasi “A’ tentu tidak terlepas dari dukungan Pimpinan Fakultas, kalangan internal, peranan alumni, mahasiswa dan pimpinan Universitas Ekasakti Padang, ujar Salman M Noer  

Akreditasi yang diperoleh Program Studi Pendidikan Ekonomi ini akan dapat memberikan konstribusi kepada Akreditasi Institusi, kata Salman M Noer. Kepada Civitas Akademika Prodi Pendidikan Ekonomi untuk menjaga Akreditasi yang telah diperoleh. Kepada Dosen diharapkan untuk dapat meningkatkan jumlah penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Tata Usaha meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa, mahasiswa dituntut untuk lebih giat belajar.

Salman M Noer menyebutkan Prodi Pendidikan Ekonomi unggul dalam menghasilkan pendidikan ekonomi yang profesional di wilayah Sumatera tahun 2025, sasarannya peningkatan mutu lulusan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama serta melibatkan pimpinan lembaga, dosen, karyawan, mahasiswa dan pengguna lulusan.

Sarana dan prasarana yang mendukung terciptanya suasana akademik yang kondusif antara lain berupa ruang pengelola, ruang kuliah, ruang dosen, ruang ujian skripsi, perpusatakaan, laboratorium micro teahcing dan laboratorium komputer terpadu (ICT). Selain itu kata Salman M Noer, kita punya beberapa hardware untuk proses pembelajaran. Universitas menggunakan system SIADAK untuk administrasi mahasiswa dan dosen secara online, dan milling list, website, blog, twitter. Kita telah melakukan kerjasama dalam dan luar negeri sesuai dengan kompetensi Prodi, Ujar Salman M Noer

Menurut Salman M Noer, akreditasi prodi sangat penting dan menentukan masa depan mahasiswa itu sendiri. Universitas Ekasakti Padang selalu memprioritaskan kebutuhan apa saja dibutuhkan FKIP, buktinya melengkapi laboratorium, ruang kuliah, ruang pertemuan dosen, sarana dan prasarana lainnya. FKIP Universitas Ekasakti Padang mempunyai 4 prodi yaitu Prodi Pendiidikan Bahasa Inggris, Prodi Pendidikan Matematika, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Pendidikan Ekonomi. Insya Allah tahun datang kita bisa meraih akreditasi “A” tersebut.      

Ketua Prodi pendidikan Ekonomi FKIP UNES Dr. H. Salman M. Noer, M.Si (5 dari kanan) diabadikan bersama tim Asesor dari Universitas Negeri Semarang Prof. Dr. Rusdarti, M.Si dan Prof. Dr. Agus Rahayu, M.Si dari Universitas Pendidikan Indonesia Bandung serta pimpinan dan karyawan FKIP.  (KA HUMAS H. SYARFIFUDDIN, SE, M.HUM)    

google+

linkedin