Drs. Afrimars.MM
Kabid Kearsipan
kota Payakumbuh
|
BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)---Dinas
Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) kota Payakumbuh, lakukan
digitalisasi dokumen/ arsip masyarakat kota Payakumbuh. Hal itu dilakukan untuk
antisipasi rusak, hilangnya dokumen penting akibat bencana alam seperti
kebakaran, banjir maupun tanah longsor yang mengakibatkan hilangnya dokmen
penting mereka seperti ijazah, sertifikat kepemilikan dan dokumen lainnya
bernilai tingi dan perlu penyelamatan.
Hal
itu disampaikan kepala bidang kearsipan Drs. Afrimars.MM dalam kesempatan percakapnnya dengan wartawan
di ruang kerjanya kemarin, menurutnya kegiatan digitalisasi dokumen/arsip
penting masyarakat ini merupakan
terobosan baru yang dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kota Payakumbuh,
alasanya selain memiliki multi player efek yang sangat bagus terhadap kepastian
keselamatan arsip, sekaligus memudahkan mereka untuk mengakses kembali apabila
diperlukan kapan dan dimanapun, sebab file mereka itu sudah tersimpan pada file
yang ada pada webside Dinas Perpustakaan dan Kearsipan itu sendiri.
Diakui,
sampai saat ini yang sudah memanfaatkan fasilitas degitalisasi arsip tersebut adalah para
lulusan mulai dari SD,SLTP, SLTA bahkan ijazah perguruan tinggi yang memang sifatnya
pribadi . Khusus untuk degitalisasi dokumen penting itu pihaknya melakukan
kerja sama dengan sama dengan Dinas Pendidikan, Kementrian agama kota
Payakumbuh, dengan target seluruh ijazah siswa yang tamat tahun ajaran
2017/2018 kota Payakumbuh semuanya didegitalisasi yang diperkirakan tahun ini mencapai
55000 eksemplar.
Upaya
degitalisasi arsip ini terus dilaksankan dengan sasaran akhirnya bagai mana
seluruh dokumen penting masyarakat yang perlu diselamatkan dari situasi tidak
menguntungkan dapat dilaksanakan , sehinga dua tahun pelaksanaan program ini
secara bertahap masyarakar kota Payakumbuh mulai menyadari yang dilakukan dinas
ini sangat bermanfaat untuk kepentingan penyelamatan dokumen/ arsip mereka. (ada)