BIJAK ONLINE (LIMA PULUH KOTA)---Pembinaan usia muda dan perbaikan kompetisi, utamanya kualitas persepakbolaan, terus dikembangkan di kabupaten Lima Puluh Kota, dengan berbagai turnamen sepakbola, salah satunya adalah Liga PSSI Lima Puluh Kota 2018.

"Kita sangat mengapresiasi kompetisi yang digelar Askab Lima Puluh Kota, ini menandakan kabupaten Lima Puluh Kota terus berupaya melahirkan pemain sepak bola yang handal,"ujar bupati Lima Puluh Kota H. Irfendi Arbi dalam sambutannya pada kegiatan Gala Dinner dan Launching Liga PSSI 50 Kota 2018 di gedung serba guna Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, Sabtu (20/1) malam.

Dijelaskan Irfendi Arbi, Liga yang dikomandoi Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Kabupaten Lima Puluh Kota itu, harus kita dukung bersama, dan juga semua pihak. Untuk itu apresiasi untuk Askab. 

Irfendi berharap kompetisi Liga PSSI ini dapat memunculkan bibit unggul pesepakbola dari Kabupaten Limapuluh Kota." Kita yakin Liga PSSI 50 Kota ini akan memunculkan bibit-bibit unggul yang akan dapat berbicara banyak di Kancah Nasional dan Internasional,"ulasnya.

Untuk itu, dirinya meminta kompetisi ini dapat diselenggarakan secara profesional, sehingga kompetisi ini juga akan melahirkan persepakbolaan profesional.Menurutnya, dengan sportivitas dan profesinalisme yang tinggi, maka kompetisi tersebut akan dapat mencetak atlet yang baik pula. 

"Bukan tidak mungkin, suatu saat nanti akan ada pemain Tim Nasional Indonesia yang berasal dari Kabupaten ini. Untuk itu, mari kita saksikan pertandingan ini, ramaikan pagelaran liga ini dan jadilah saksi kebangkitan pesepak bolaan Lima Puluh Kota,"jelasnya.

Senada juga dikatakan, Direktur Teknik PSSI, Danurwindo dan anggota DPR RI, Refriza, menurutnya penyelenggaraan Liga PSSI 50 Kota ini dapat menjadi sarana pengembangan dan pembinaan sepak bola terutama usia muda. 

"Saya berharap melalui kegiatan ini akan menghasilkan pemain muda Lima Puluh Kota yang berkualitas dan berprestasi di tingkat kabupaten, provinsi, nasional bahkan internasional," katanya

Sementara itu, Ketua Askab PSSI, Ferizal Ridwan yang juga wakil bupati Lima Puluh Kota mengatakan Liga PSSI Limapuluh Kota ini akan di mulai hari ini, Senin (22/1) hingga 17 Maret mendatang, yang digelar pada 4 Lapangan di Kabupaten Lima Puluh Kota.

"Ini adalah tidak lanjut dari porprov 2016 lalu, dimana berhasil menjadi juara di cabang sepak bola. Kita ingin mendulang prestasi ini kembali. Melalui kompetisi ini lah diharapkan akan meningkatkan kualitas para pemain,"ujarnya.

Menurutnya, kompetisi yang diselenggarakan untuk mencari bibit unggul sepakbola masa depan ini, diikuti sebanyak 48 klub sepakbola yang tersebar dari 79 Nagari di Kabupaten itu." Liga PSSI ini merupakan kompetisi sepakbola per dana di Lima Puluh Kota, akan ada 1325 pemain yang bertanding, diharapkan dapat menjadi ajang untuk mengasah potensi pemain," ulasnya.

Ikut hadir, Mantan pelatih Timnas Indonesia, Nil Maizar, PSSI Provinsi, kepala OPD, pelatih dan official beserta ribuan pemain Liga PSSI Lima Puluh Kota. (ada)

google+

linkedin