TABLOIDBIJAK.COM (Padang Pariaman)--Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman bersama Pengurus Masjid Jannatus Salam Nagari Sungai Buluh Kecamatan Batang Anai rencanakan penyelenggaraan shalat Khusuf atau Gerhana Bulan secara berjamaah, Rabu (31/1/2018) malam.

Hal ini disampaikan Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni di sela launching Logo dan Maskot Porprov Sumbar ke XV di hall IKK kemaren (29/01/2018), di Paritmalintang.

"Shalat Gerhana Bulan tersebut akan diselenggarakan di Masjid Jannatussalam Nagari Sungai Buluh Kecamatan Batang Anai bersama-sama ASN Padang Pariaman dan masyarakat sekitar masjid," ungkapnya.

Menurut rencana, shalat Khusuf yang diawali shalat Isya itu akan diimani Ustad Adek Flores, LC yang juga imam tetap Masjid Jannatussalam. Sedangkan tausiah akan disampaikan oleh Masrijal Habib, S.Ag, MA dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman.

Menurut Ali Mukhni, shalat Khusuf berjamaah dilaksanakan sebagai bentuk taqwa dan tawadhu kepada Sang Pencipta yang telah mengatur alam ini dengan penuh keajaiban fenomena alam.

"Kita saksikan bersama-sama begitu banyak fenomena alam yang terjadi silih berganti, itu menunjukkan keMaha Besaran Allah SWT terhadap ciptaannya," katanya penuh takjub.

Kita lihat, katanya melanjutkan, ada gerhana matahari, gerhana bulan, kedatangan meteor, hujan meteor, dll. "Itu semua kita ambil hikmahnya, pelajaran pada diri kita untuk meyakini kebesaran Allah. Tidak ada yang tidak mungkin dilakukan Allah," katanya lagi.

"Untuk itu, mari kita syukuri fenomena alam yang terjadi dengan berprasangka baik kepada Tuhan pencipta alam ini dengan bersujud di masjid atau di surau secara berjamaah," ajaknya.

Dalam hitungan waktu Indonesia Bagian Barat (WIB), proses gerhana bulan total akan terkadi pada 31 Januari yang dimulai pada jam 18.48. Fase gerhana totalnya akan berlangsung pada jam 19.52 sampai 21.08 WIB. (rel/amir)

google+

linkedin