BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)---Mendapatkan dukungan penuh Pemko Payakumbuh, Ikan larangan Batang Sukali yang diinisiasi Karang Taruna bersama masyarakat kelurahan Padang Karambia Kecamatan Payakumbuh Selatan bakal menggelar panen ikan yang dirangkai dengan lomba memancing.

lurah Padang Karambia Taufiqurrahman, di ruang kerjanya kepada wartawan, Rabu (24/1), mengatakan, lomba mancing mania ini merupakan rangkaian panen ikan larangan yang akan dilangsungkan Sabtu (27/01) ini. Dulu bibitnya telah dilepas warga dan ini juga mendapatkan bantuan Pemko Payakumbuh. Bibit ikan tersebut langsung dilepas Walikota Riza Falepi bersama Ketua DPRD  YB Dt Parmato Alam, sekitar bulan Oktober tahun 2017 lalu. Sekarang ikannya sudah besar, bahkan sudah ada berat 3-4 kg. Rata rata beratnya 1 kg. 

”Panen ikan akan kita rangkai dengan lomba mancing dengan memperebutkan total hadiah sekitar Rp5.000.000. Silahkan langsung cek ke lokasi," jelasnya.

Terpisah, Ketua Kelompok Tani Ikan, Risgianto didampingi Bhabinsa dan Bhabinkantibmas di Sekretariat Keltan ikan Batang Sukali, tepatnya di Lapau Kopi "kakek" yang berada di jalan arah Bukik Chino, mengatakan, ini perdana digelar sejak dibentuk. Panen akan diawali Walikota bersama Ketua DPRD. Sebagai wujud syukur dan terima kasih, kita akan gelar makan bersama, nantinya. Lomba mancing ini terbuka untuk umum dengan insert Rp100.000 untuk 1 lokasi dan Rp150.000 untuk 2 lokasi," ulas Risgianto.

Ditambahkannya, dana tersebut nantinya akan kita jadikan hadiah sekaligus sebagai dana untuk pembelian bibit baru. Mancing sambil menolong masyarakat, ikan dapat bawa pulang.

Ditambahkan Ketua Karang Taruna, Mardi, saat ini kita miliki sekitar 10 petak ikan larangan sepanjang aliran Batang Sukali yang telah kita isi dengan ikan mujair, majalaya, nila, lele dan patin. Dan untuk informasi lebih lanjut, datangi kantor lurah atau sekretariat Keltan ikan Batang Sukali kelurahan Padang Karambia. (ada)

google+

linkedin