BIJAK ONLINE (Padang)--Rapat Koordinasi Biro Humas se-Sumatera Barat yang dipimpin Kepala Biro Humas Kantor Gubernur Sumbar, Jasman Rizal, sepakat untuk mensukseskan berbagai kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018,  yang acara puncaknya, 9 Februari 2018 di Kota Padang.

"Melalui Rakor Bakohumas, kita sukseskan HPN 2018 di Sumatera Barat," kata Jasman Rizal, di Hotel Axana, Selasa, 30 Januari 2018.

Menurut Jasman Rizal, Rakor Bakohumas se-Sumatera Barat, ini merupakan kegiatan rutin yang di lakukan sebanyak 4 kali setahun. "Rakor Bakohumas yang digelar saat ini, selain sebagai ajang untuk koordinasi dan silaturrahmi sesama humas se-Sumatera Barat, juga untuk membicarakan alek gadang, yaitu kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) untuk bisa mendukung sepenuhnya yang tinggal menghitung hari saja," katanya.

Jasman Rizal juga menyampaikan peran humas sangat penting, baik di pemerintahan maupun untuk masyarakat. Dan selama ini pengelolaan kehumasan di Pemprov Sumatera Barat berjalan dengan sangat baik. Akan tetapi, untuk ke depannya humas akan menghadapi beberapa tantangan. "Tantangan terbesar kita yaitu menghadapi hoax itu susah, karena berita-berita sekarang di medsos dan lainnya itu merupakan liar," ujar Jasman Rizal, sembari menambahkan, bagaimana kita menanggapi ini, kita tidak usah melawan, tetapi kita memberikan saja informasi yang benar kepada masyarakat, jadi kalau ada sesuatu hal yang kita dapat dari medsos atau berita-berita segala macam yang tidak falid itu kita jawab saja dengan data dan fakta. 

Sementara itu, Direktur Indonesia New Media Watch Agus Sudibyo, mengatakan fungsi Humas tidak hanya mempublikasikan kegiatan pemerintah, tapi juga menjadi jembatan bagi masyarakat agar aspirasi mereka juga didengarkan. "Yang paling penting dalam kehumasan adalah koordinasi. Koordinasi sangat penting, baik sesama humas, dengan staf lain dan atau dengan wartawan," ujar Agus Sudibyo.

google+

linkedin