BIJAK ONLINE (LIMA PULUH KOTA)---Bupati Lima Puluh Kota H. Irfendi Arbi menghadiri acara mengukuhkan pengurus Kerapatan Adat Nagari (KAN) dan Bundo Kanduang Batu Payuang periode 2017-2022, sekaligus acara peresmian taman kanak-kanak Pertiwi II Batu Payuang, di halaman Balai Kandikie, Kenagarian Batu Payuang, Kecamatan Lareh Sago Halaban, Senin (22/1).  

Pengukuhan pengurus KAN tersebut, dihadiri Wakil Ketua DPRD Lima Puluh Kota, Sastri Andriko Dt Putiah, unsur Forkopimda, kepala OPD, Camat Lareh Sago Halaban, Elfi Zein, Wali Nagari, Kepala Jorong, puluhan Niniak Mamak, Ketua LKAAM l, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Bundo Kanduang dan Anak kemenakan nagari Batu Payuang, dan para tamu undangan lainnya.

Dalam laporan panitia, Dt Marajo Sindo mengatakan adapun dana kegiatan pengukuhan tersebut bersumber dari dukungan iuran dari niniak mamak Batu Payuang, partisipasi sumbangsih masyarakat, bantuan dari anggota DPRD, dengan jumlah anggaran sebanyak anggara Rp23jt. Pelantikan Pengurus KAN Batu Payuang ini, sebenarnya sudah dilaksanakan pada bulan Maret 2017 lalu, dan sudah diserah terimakan kepada pengus yang baru.

"Acara pengukuhan sekarang hanya seremonial, sebab pengukuhan sudah dilaksanakan maret lalu, adapun tujuan acara ini untuk memberi tahu masyarakat bahwa sudah dikukuhkannya Pengurus KAN yang baru di Kenagarian Batu Payuang,"ucapnya.

Dari hasil musyawarah, didapatkan KAN Batu Payuang periode 2017-2022 dipimpin oleh Aiga Putra dt Sinaro, menggantikan Plt Sy Dt Nan Bungsu, sedangkan kepengurusan Bundo kanduang Nagari Batu Payuang ketua Mirna Sastri.

Sementara itu, Bupati  H. Irfendi Arbi dalam sambutanya mengucapkan selamat kepada pengus KAN Nagari Batu Payuang yang telah dikukuhkan. "Saya atas nama Pemerintah dan masyarakat Lima Puluh Kota mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus yang telah dikukuhkan," ujarnya.

Selanjutnya, Irfendi me¬minta pengurus KAN Batu Payuang yang sudah dilantik, agar mampu bersinergi dengan pemerintah dalam upaya membangun Kabupaten Limapuluh Kota yang lebih madani. Sesuai dengan azas adat Minangkabau, Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah.

Menurutnya pemerintah bersama unsur Kerapatan Adat Nagari yang ada di Kabupaten Lima Puluh Kota, khususnya di Kenagarian Batu Payuang, bisa bersama-sama membina anak kemenakan menjadi generasi penerus yang bisa dian¬dalkan, baik dari segi aklak maupun segi ilmu.

“Kita berharap, pelantikan pengurus KAN bukan hanya sebagai acara formalitas semata. Dimana setiap periode terus berganti kepengurusannya, tanpa ada perubahan dalam menata kehidupan adat istiadat di lingkungan nagari. Pengurus KAN harus bisa membina anak kemenakan sesuai dengan adat Minangkabau. Banyak anak kemenakan kita saat ini telah jauh melen¬ceng dari norma-norma adat yang kita pegang, harus diubah bersama.,” ucap bupati.

Diakhir sambutannya Bupati mengingatkan pengurus KAN dan Bundo di Nagari Batu Payuang untuk langsung bekerja dan membuat program kerja. "Untuk penguruskan yang telah tepilih diharapkan agar sesegera untuk membuat program kerja dan langsung bekerja untuk kesejahteraan dan memajukan daerah kita,"ulasnya.

Seusai sambutan, Bupati melakukan foto bersama dengan seluruh pengurus KAN dan Bundo Kanduang yang terpilih, selanjutnya bupati menandatangani prasti dan memotong pita peresmian taman kanak-kanak Pertiwi II Batu Payuang. (ada)

google+

linkedin