Bupati Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo dan Ketua DPRD Kabupaten Solok, H. Hardinalis Kobal, SE, MM serta Wakil Ketua DPRD Septrismen, saat pembukaan Festival Seni Budaya Anak Nagari Tahun 2016 di Halaman Parkir Kantor Bupati Solok 

BIJAK ONLINE (SOLOK)-Bupati Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo, SE, MM, membuka secara resmi Festival Seni Budaya Anak Nagari Tingkat Kabupaten Solok Tahun 2016, bertempat di Halaman Kantor Bupati Salam, Sabtu malam, 17 Desmeber 2016. 

Selain Bupati Solok, acara pembukaan juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Solok, H. Hardinalis Kobal, SE, MM, Ketua TP PKK Kabupaten Solok, Hj. Desnadevi Gusmal, SH,  Plt. Sekda Kab.Solok, Edisar  Dt Manti Basa, Wakil Ketua DPRD Kab.Solok, Septrismen, Unsur Muspika Gunung Tlang, Kadis Pariwisata, Yandra dan para SKPD terkait lainnya. Selain itu, acara pembukaan seni budaya Anak Nagari ini juga di selinggi atau di hibur oleh, Rayola, Yen Rustam, Elsa Pitaloka, Ipang, Edi Cotok dan lain sebagainya.

Ketua Panitia Pelaksana, Yandra dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan acara pelestarian dan perkembangan Seni Budaya Anak Nagari dari tanggal 17 Pembukaan dan akan berakhir tanggal 25 Desember 2016 mendatang.  Sementara yang akan diperlombakan adalah Randai (25 grub), Indang (9 grub), Tari Piriang (25 grub) dan Lagu Minang lainnya.  “Tujuan pelaksanaan acara ini adalah dalam rangka pelestarian dan pengembangan Seni Budaya Anak Nagari dan juga perkembangan  dan Promosi potensi kepariwisataan khususnya seni dan budaya di Kabupaten Solok,” jelas Yandra.

Pemenang akan ditetapkan tiga (3) pemenang untuk setiap diperlombakan dan masing-masing pemenang akan menerima hadiah tropy, piagam dan tabanas

Bupati Solok, H. Gusmal dalam arahannya menghimbau agar semua pihak sama-sama melestarikan dan pengembangan seni budaya Nagari kita, perkembangan dan promosi potensi kepariwisataan khususnya seni dan budaya di Kabupaten Solok. “Kesenian Anak Nagari seperti Randai, Indang, Tari Piriang dan Lagu Minang perlu kita kembangkan supaya Kabupaten Solok terkenal dengan kesenian budaya dan tempat wisatanya yang indah, banyak dikenal oleh semua kalangan, baik dalam daerah maupun nasional,” jelas H. Gusmal. 

Ditambahkan Bupati murah senyum ini, pada tahun 2017,  kita akan mulai pembangunan Taman Hutan Kota Terpadu Arosuka (THKT) dan juga untuk 5 tahun kedepan kita akan kembangkan juga wisata kita dengan 3 danau yang sudah kita kenal dengan danau Diatas Danau Dibawah dan Danau Singkarak.

“Komitmen saya untuk kedepannya juga akan mengembangkan kawasan Arosuka ini, karena ibu kota Kab.Solok sekarang terletak di Arosuka, dan juga bagaimana pengunjung akan mengenal Arosuka dengan berbagai tempat kawasan bermain atau liburan anak-anak yang nyaman dan aman,” sebut H. Gusmal. Bupati berharap agar acara kesenian Anak Nagari ini bisa mengembangkan bakat anak-anak kita dalam masalah kesenian dan budaya (wandy)

google+

linkedin