BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)—Pelaksanaan Musyawarah Daerah  (Musda) Dewan Koperasi Indonesia (Dekopinda) Kota Pariaman, berjalan sukses aman, tertib dan lancar. Acara yang digelar di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Sumatera Barat-Rawang Kota Pariaman itu, berhasil memilih ketua dan pengurus untuk 5 tahun kedepan, Kamis, 15 Desember 2016.

Terpilih sebagai Ketua Dekopinda Kota Pariaman, Romi Rusli, SE dengan Wakil Ketua Syamsuwir dan dibantu 5 bidang, Bidang Organisasi dan Keanggotaan, Bidang Pendidikan Pelatihan dan Kelembagaan, Bidang Advokasi dan Sosialisasi, Bidang Pertahanan Pangan, Maritim, Industri dan Perdagangan dan Bidang Permodalan dan Jasa Keuangan.

Selain itu susunan pengurus juga dilengkapi dengan  Pembina, Penasehat dan Majelis Pakar. Romi Rusli yang juga diprcaya selaku Ketua Panitia Musda Dekopinda Kota Pariaman itu mengatakan, susunan lengkap kepengurus Dekopinda Kota Pariaman sedang disusun oleh Tim Formatur dan dalam waktu dekat ini akan diumumkan.

“Sabarlah, dalam waktu dekan akan kami sampaikan kepada rekan-rekan media,” ujar anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pariaman ini dengan senyum khasnya.

Dijelaskan Romi, sesuai Undang-Undang No. 25/1992 dalam Pasal 57 ayat 1 Dekopinda, pembawa aspirasi gerakan koperasi yang berfungsi memperjuangkan dan menyalurkan aspirasi gerakan koperasi. Kemudian meningkatkan kesadaran berkoperasi di kalangan masyarakat dan melakukan pendidikan perkoperasian bagi anggota dan masyarakat serta memfasilitasi pengembangan kerjasama antar koperasi dengan pelaku Badan Usaha lain.

Lebih jauh disampaikan Romi, sebagai ketua yang diberikan amanah dan kepercayaan jelas tidak akan berjalan sendiri dan akan didampingi oleh bidang-bidang serta majelis pakar, termasuk penasehat dan pembina, kalau dengan kebersamaan serta membawa semangat kebersamaan, kan sudah ada istilahnya, “barek samo dipikua ringan samo dijinjiang, saketek samodicacah, kalau gadang samo dionggok,” tukas Romi kembali.

Sementara itu Afrizal, SE dari Dekopinwil Sumatera Barat, secara terpisah mengatakan, untuk mencapai tujuan Dekopinda, pengurus terpilih harus menjalankan fungsinya, memfasilitasi dan advokasi untuk berperan mempengaruhi kebijakan pemerintah dalam memperhatikan kepentingan koperasi sebagai wadah ekonomi kerakyatan.

Hadir dan ikut memberikan sambutan dalam aacara Musda Dekopinda Kota Pariaman ini, Sekda Kota Pariaman, H. Indra Sakti, SH, MM, Drs. Marwan Pulungan, MM dan Afrizal, SE dari Dekopinwil Sumatera Barat. Terlihat juga hadir Kadis Koperindag dan UKM Kota Pariaman, Gusniyeti Zaunit, SE, MM dan undangan lainnya. (amir)

google+

linkedin