BIJAK ONLINE (LIMA PULUH KOTA)---Puluhan para calon intelektual (Mahasiswa Unand.Red), berhasil mengenalkan berbagai teknologi pertanian dan peternakan ke tengah masyarakat setempat. Hal tersebut dibuktikan mahasiswa Unand di kenagarian Situjuah Gadang, Kecamatan Situjuah Limo Nagari, baru-baru ini.

Berhasilanya mahasiswa Unand itu melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN), kecamatan Situjuh Limo Nagari, ternyata menjadi perhatian serius bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi. Ketika Irfendi Arbi menjambangai mahasiswa KKK itu, dia langsung mengapresiasinya. 

Dikatakan Irfendi Arbi, mahasiswa KKN Unand di kenagarian Situjuah Gadang patut diacungi jempol. Sebab, selama keberadaannya di nagari ini tidak sedikit teknologi yang telah mereka kenalkan kepada petani dan peternak setempat.

Menurut Irfendi, kehadiran mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu itu mestinya benar-benar dimanfaatkan masyarakat buat membenahi usaha ekonomi yang rata-rata berprofesi sebagai petani dan peternak. Begitu pula dengan mahasiswa, hendaknya betul-betul menerapkan tri darma perguruan tinggi selama di tempat KKN.

“Kita berharap agar masyarakat antusias mengikuti praktek pembuatan pupuk kompos, silase (pengolahan hijauan makanan ternak), pestisida nabati dan sebagainya yang dilaksanakan mahasiswa KKN di nagari ini,” ujar Irfendi.

Ketua mahasiswa KKN kenagarian Situjuah Gadang Fajri Ardan Zakri, mengaku sangat gembira dan merasa begitu spesial mendapatkan kunjungan bupati. Kami merasa sangat gembira dikunjungi dan disuport langsung oleh bupati. 

“Kami juga merasa berbagai demonstrasi teknologi pertanian dan peternakan yang kami praktek hari ini mendapat dukungan dari bupati, sehingga masyarakat juga menjadi antusias dengan teknologi yang kami kenal itu,”ujar Fajri. (ada)

google+

linkedin