BIJAK ONLINE (LIMAPULUH KOTA)---Wakil Bupati Limapuluh Kota Ferizal Ridwan, membuka secara resmi Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Akuntanbilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dilaksanakan Bagian Organisasi Setda Kabupaten Limapuluh Kota, di aula Kantor Bupati Limapuluh Kota, Sarilamak, Sabtu (24/2). 

Kegiatan ini dihadiri Asisten Pemerintahan Dedi Permana, Asisisten Perekonomian dan Pembangunan, Fitma Indrayani serta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Limapuluh Kota.

Dalam sambutannya dihadapan semua peserta yang hadir, Wakil Bupati Ferizal Ridwan mengatakan bimtek SAKIP merupakan media pengendalian menajemen pemerintahan dan sebagai laporan pertanggungjawaban Pemerintah Daerah. Sehingga kegiatan Bimtek SAKIP ini sangat penting bagi semua OPD Lingkup Kabupaten Limapuluh Kota, karena itu, ikuti Bimtek ini dengan serius.

Selanjutnya, Ferizal juga menyerukan agar, Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota akan lebih berfokus kepada peningkatan akuntabilitas serta peningkatan kinerja yang berorientasi pada hasil. Berdasarkan Laporan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah pada tahun 2016, Kabupaten Limapuluh Kota mendapatkan nilai CC, dengan skor SAKIP 50,2. 

“Meskipun baik, tapi tentu hal ini masih memerlukan perbaikan. Kedepan kita harus melihat efektivitas dari anggaran yang digunakan, sehingga jelas memberikan dampak yang nyata bagi masyarakat, sesuai dengan target capaian visi dan misi RPJMD 2016-2021," tegas Ferizal.

Sebelumnya, Kabag Organisasi Amran menjelaskan, Bimtek SAKIP memiliki sasaran yakni terampil dalam menyusun SAKIP yang berkualitas. Melalui bimbingan teknis ini, sasaran utama adalah jajaran yang akan bertanggung jawab dalam penyusunan akuntabilitas kinerja tahunan dapat semakin terampil dalam menyusun SAKIP yang berkualitas, yang terintegrasi dengan informasi kinerja yang akurat dan akuntabel, serta selesai tepat waktu.

"Penerapan SAKIP bertujuan agar penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan berdayaguna, berhasil guna dan bertanggung jawab serta bebas dari KKN. Bimtek Sakip ini mendatangkan narasumber dari Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian Aparatur Negara, “ujarnya. (ada)

google+

linkedin