BIJAK ONLINE (Kota Pariaman)--Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Kadishubkominfo) Kota Priaman, Yota Balad, menghimbau pelajar di Kota Pariaman, supaya  bisa menjadi pelopor keselamatan dalam berlalu lintas. 

Hal itu disampaikan Yota Balad, saat pembukaan acara penyuluhan keselamatan berlalu lintas kepada siswa/i SMA 1 Pariaman, Rabu (16/3), di sekolah tersebut.

Dikatakan, angka kecelakaan lalu lintas di kota Pariaman, didominasi pengendara roda dua  di bawah umur dari data rilisan Satlantas Polres Pariaman, cukup tinggi angkanya.

“Terlebih sekarang lagi ngetren aksi kebut-kebutan dan balapan liar. Ini menunjukkan kepedulian yang rendah terhadap keselamatan berlalu lintas. Oleh karena itu dengan memberikan pendidikan berlalu lintas seperti saat ini merupakan salah satu solusi dalam rangka menekan angka kecelakaan di Kota Pariaman, terutama bagi pelajar,” ujarnya, 

Yota Balad menuturkan, tidak sedikit kerugian diakibatkan oleh kelalaian pengendara terutama dari kalangan usia remaja.

Menurut Yota Balad, usia muda, masih memiliki emosi labil dan masih minimnya pengetahuan tentang tata cara berkendaraan yang baik sesuai dengan aturan lalu lintas, terbukti  dalam berkendaraan pun sering mengabaikan keselamatan, baik itu untuk diri sendiri maupun sesama pengguna jalan raya.

Melalui penyuluhan tersebut, dengan materi dan  pengetahuan yang disampaikan  dapat memberi pengetahuan dan pemahaman dalam berkendara. 

“Dan yang terpenting, pelajar haru siap menjadi pelopor dalam menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas di masing masing sekolahnya, keluarga dan masyarakat,” himbaunya.

Kegiatan bertemakan “Jadilah Pelopor Budaya Keselamatan berlalu lintas” itu diikuti 40 orang siswa/i. Peserta dibekali beberapa materi yang mencakup tata cara berlalu lintas sebagaimana diatur UU No.22 tahun 2009 tentang berlalu lintas, selain itu peserta juga diberi pemahaman tentang pengertian tanda rambu-rambu lalu lintas.

Pelatihan dan sosialisasi menghadirkan nara sumber dari Satlantas Polres Pariaman serta unsur Dishubkominfo Kota Pariaman. (amir)

google+

linkedin