BIJAK ONLINE (Padang)-Sebagai Wakil Ketua DPRD Sumatera Barat, Arkardius Datuak Intan Bano menyebutkan, kalau lembaganya melalui Komisi V telah melayang surat untuk memanggil Ketua Umum KONI Sumbar, DR Syahrial Bakhtiar, Jumat, 4 Maret 2016 sekitar pukul 14.00 WIB.  

"Kami  di dewan ingin tahu tentang persiapan kontingen Sumbar yang dipersiapkan menghadapi PON Jawa Barat 2016," kata Arkadius Datuak Intan Bano ketika dihubungi melalui selulernya, Selasa, 2 Maret 2016.

Menurut Arkadius, KONI Sumbar tersebut, dibiayai dengan dana APBD Sumbar dan sudah menjadi kewajiban anggota dewan mengkritisi dan mengawasi penggunaan dana APBD tersebut. Maksudnya, apakah penggunaan dana APBD itu telah sesuai dengan yang diprogramkan, atau ada hal-hal yang tak sesuai mata anggaran. 

Kemudian, kata Arkardius, rasanya ada juga diantara anggota dewan yang akan mempertanyakan berapa jumlah atlet yang lolos PON dan apa targetnya di PON Jawa Barat tersebut. "Kita di dewan tak ingin tragedi PON XV Jawa Timur 2000 lalu terulang dan kontingen kita jadi juru kunci dan fakta tersebut sangat memalukan kita dikancah olahraga nasional," kata politisi yang mengerti banyak dunia olahraga.

Selanjutnya, kata Arkadius lagi, apa standar yang dipergunakan KONI Sumbar dalam menentukan atlet untuk memperkuat Kontingan Sumbar di PON Jabar tersebut. "Saya baca  dari pemberitaan media, ada atlet yang tak memperoleh medali di kejurnas atau pra-PON, dikutsertaan juga ke PON Jabar tersebut," tambahnya. (PRB)

google+

linkedin