Bupati Solok, H. Gusmal, saat berbincang dengan  masyarakat Nagari Jawi-Jawi, pada saat melaunching Program Maghrib Mengaji dan Shubuh Berjamaah di Masjid Al Mubaraqah, Nagari Jawi-Jawi Guguk, Senin malam (20/3)

BIJAK ONLINE (SOLOK)-Keseriusan Bupati Solok untuk kembali menyemarakan si’ar Islam di bumi penghasil bareh tanamo itu, tampak tiada mengenal lelah. Hampir setiap saat dan setiap ada acara baik resmi atau tidak, Bupati selalu menyempatkan pesan agar warganya kembali meramaikan masjid, terutama pada waktu shubuh dan pada waktu maghrib, seperti yang pernah jaya pada dua dekade lalu. Bahkan hampir setiap seminggu sekali, Bupati dan Wakil Bupati melaksanakan Shalat Subuh berjamah di masjid-masdji di nagari yang berbeda, tanpa memberi kabar terlebih dulu, sejauh mana warganya meramaikan masjid pada waktu Shubuh,

Senin malam (20/3), Bupati Gusmal melaunching Program Maghrib Mengaji dan Shubuh Berjamaah di Masjid Al Mubaraqah, Nagari Jawi-Jawi Guguk, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok bersama Walinagari Laswir Malin Putiah, Ketua KAN, Nazuar Dt Putiah, Ketua BMN, Yulidasmar, Ketua MUI Nagari Jawi-Jawi Guguk, Sakar Soeib, Para Kepala Jorong dan tokoh pemuda dan masyarakat Nagari setempat dan disaksikan para Kepala OPD Kabupaten Solok.

Walinagari Jawi-Jawi Guguk, Laswir dalam sambutannya menyampaikan bahwa kami atas nama pemerintah Nagari, pihaknya menyampaikan  ucapkan terima kasih, kepada Bapak Bupati Solok beserta seluruh rombongan  yang telah dapat hadir pada launching Program Maghrib Mengaji dan Shubuh berjama’ah ini di Nagari Jawi-Jawi Guguk, dan berharap apa yang kita laksanakan menjadi ibadah di sisi Allah SWT. 

“Sebenarnnya Magrib Al-quran dan Subuh Berjemaah bukanlah hal baru bagi kita selaku umat Islam. Hanya saja terkadang pengaruh tekhnologi telah banyak merubah pola kehidupan masyarakat khususnya generasi muda. Tidak hanya di kota-kota besar saja tetapi sudah sampai ke pedesaan. Untuk itu kita bersyukur punya pemerintah yang peduli tentang hal ini,” jelas Laswir. Ditambahkannya, semoga dengan adanya launching ini kita kembali bersemangat untuk sholat berjemaah di mesjid, kemudian kami juga siap melaksanakan launching program ini di jorong-jorong nantiknya  “Kita berharapa kegiatan ini tidak hanya sekedar launching, tapi kita akan realisasikan di kehidupan sehari-hari,” terang Laswir.

Bupati Solok, H. Gusmal dalam arahannya menyampaikan harapannya dihadapan masyarakat Jawi-Jawi, bahwa  kedepannya Sholat Subuh ini selalu di laksanakan di masjid-masjid di nagari, kalau bisa tidak hanya sholat subuh saja kita berjemaah tetapi setiap masuk waktu shalat kita laksanakan secara berjemaah di masjid dan mushala. “Shalat berjemaah juga melambangkan kebersamaan kita di masyarakat dan kita adalah sama tidak ada perbedaan si kaya dan miskim dihadapan Tuhan, hanya yang membedakan ibadahnya saja,” jelas H. Gusmal. Bupati Solok itu juga berharap agar kedepannya rasa kebersamaan dan selalu meramaikan masjid akan lebih tercipta di Jawi-Jawi dan Kabupaten Solok.

Bupati juga mengharapkan agar Program Maghrib Mengaji dan Shubuh Berjama’ah untuk menunjang Program Empat Pilar Pembangunan yang diusung Pemkab Solok, kalau tidak didukung oleh masyarakat tidak akan jalan. “Mari kita sukseskan Maghrib Al Qur’an atau Maghrib mengaji di nagari di Kabupaten Solok, agar masyarakat yang beriman dan bertaqwa bisa terwujud,” harap H. Gusmal. Dijelaskan Bupati Solok, Empat Pilar Pembangunan yang disusung dalam Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Solok, seperti masalah Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi Kerakyatan dan Mewujudkan Pemerintahan yang baik dan bersih harus didukung oleh seluruh masyarakat Kabupaten Solok. “Sekarang kita tidak lagi berbicara masalah Pilkada dalam dukung mendukung. Mari kita bersatu membangun Kabupaten yang kita cintai ini,” pungkas H. Gusmal (wandy)

google+

linkedin