BIJAK ONLINE-Kontribusi SMKN 9 Padang bagi kemajuan pariwisata suatu hal yang tak dapat dinafikan. Lulusannya yang memiliki keterampilan di bidang perhotelan dan keterampilan lainnya yang sangat dibutuhkan bagi perkembangan pariwisata.  Sekolah ini tak hanya bisa memberikan pendidikan kepada anak, namun juga memberikan pelatihan life skill buat masyarakat yang termarjinalkan serta diberi modal usaha. Hal itu dikatakan Camat Padang Barat Arfian saat bertindak selaku pembina upacara bendera di SMKN 9 Padang, Senin (14/9). Arfian mengapresiasi kontribusi yang telah diberikan pihak SMKN 9 terutama dalam pelatihan membuat kue dan kuliner lainnya terhadap kelompok ibu - ibu rumah tangga di Kecamatan Padang Barat. Pelatihan tersebut sangat membantu para ibu rumah tangga mendapatkan keterampilan guna membantu ekonomi keluarga.
"Pelatihan keterampilan bagi mayarakat ini adalah suatu hal yang sangat bermanfaat bagi masyarakat yang dianggap marginal selama ini. Untuk itu, kami dari kecamatan Padang Barat mengapresiasi kegiatan yang sangat bermanfaat tersebut," ucap Arfian. Sementara itu, Kepala SMKN 9 Padang Raymon mengungkapkan, SMK 9 satu - satunya SMK di Sumbar dipilih Direktorat Pembinaan Sekolah Kejuruan Kemendikbud RI sebagai penyalur dan pelaksanaan keterampilan hidup (life Skil) dan modal usaha untuk masyarakat yang dimarjinalkan melalui bantuan sosial (bansos). “Dipilihnya SMK 9 Padang sebagai perwakilan Kota Padang khususnya Sumatra Barat telah membuktikan kemajuan pendidikan dan pembekalan siswa dengan keterampilan di lingkungan sekolah dibawah naungan Pemko Padang melalui Dinas Pendidikan,'' kata Raymond.
Tak cuma itu, SMK 9 juga memiliki berbagai prestasi lain yang patut dibangakan. Selama 9 tahun berturut-turut dipercaya oleh Garuda sebagai penyedia catering untuk Jemaah Calon Haji (JCH). Dipercayanya SMK 9 sebagai penyediaan catering haji ini, karena kualitasnya yang terjamin yang pas untuk kesehatan para CJH, ungkapnya. Pada kesempatan ini SMKN 9 Padang juga meluncurkan pin anti korupsi yang merupakan gagasan siswa bersama guru dalam penanaman pendidikan anti korupsi. Camat Arfian didampingi kepala sekolah dan pengawas binaan dari Disdik Kota Padang memasangkan pin secara simbolis kepada perwakilan siswa dan majelis guru. (rel)

google+

linkedin