BIJAK ONLINE-Sebagai Walinagari Koto Laweh, Kecamatan Koto Besar, Kabupaten Dhamasraya, Rahman Malin Pandito Alam sengaja membentuk atau mendirikan  Badan Amil Zakat Nagari (Basnag) di wilayah tugasnya. Tujuannya, agar pengelolaan zakat di nagarinya bisa dilakukan secara baik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Nagari Koto Laweh.

“Zakat merupakan ibadah yang berkaitan dengan harta benda, mengandung dua dimensi yaitu dimensi hablum minallah yang mengatur hubungan antara manusia dengan penciptanya dan hablum minannas yang mengatur hubungan antara manusia dengan manusia,” kata Walinagari Koto Laweh, RahmanMalin Pandito Alam, ketika berbincang-bincang dengan Tabloid Bijak.Com.

Menurut Rahman, ide dan gagasannya membentuk Badan Amil Zakat Nagari berpedoman kepada Badan Amil Zakat Nasional yang ada di setiap kota dan  kabupaten. “Sebagai walinagari, saya juga ingin mengelola zakat secara baik dengan tujuan mengentaskan kemiskinan di nagari, karena masalah kemiskinan juga merupakan tanggungjawab saya sebagai walinagari,” kata alumni Fakultas Ushuluddin IAIN Imam Bonjol Jurusan Aqidah Filsafat ini.

Diakui, kata Rahman, asset Basnag yang dikelola di Nagari Koto Laweh memang belum besar dan baru sekitar Rp 40 juta. “Tapi, saya optimis, basnag yang kami dirikan di Nagari Koto Laweh dua tahun lalu akan besar, karena basnag dikelola secara professional oleh anak nagari,” ujarnya.

Gasasan atau ide mendirikan basnag ini, kata Rahman, untuk membantu masyarakat yang kurang mampu dalam membiayai sekolah anaknya. “Saya berkeinginan, agar tak ada anak lagi nagari yang tidak bersekolah lantaran tak punya uang untuk biaya pendidikan,” ujar walinagari yang berpenampilan sederhana ini.

Kemudian, Rahman mengharapkan Bara Online Media ikut mendukung keberadaan Badan Amil Zakat Nagari Koto Laweh. “Caranya,  dengan menyebarluaskan informasi tentang kegiatan yang dilakukan Badan Amil Zakat Nagari Koto Laweh, serta Bara Online Media ikut mengajak para wajib zakat untuk menyalurkan zakatnya ke Basnag Nagari Koto Laweh,” tambahnya. (Ndu)

google+

linkedin