BIJAK ONLINE-Pagi ini, Rabu (24/9), Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Roy Suryo akan membuka penyelenggaraan Liga Pendidikan Indonesia (LPI) tingkat Kota Padang tahun 2014, bertempat di Gor H Agus Salim Padang. Kehadiran Menpora ke Padang kali ini tidak cuma sekedar untuk membuka turnamen LPI, tapi sekaligus ingin berpamitan dengan masyarakat Sumbar sehubungan akan berakhirnya masa tugas dirinya di Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II pertengahan Oktober nanti.
 

"Kehadiran Menpora kali ini memang agak khusus dan sangat istimewa. Makanya, kita juga akan menyiapkan acara pembukaan yang sangat meriah dengan menampilkan seribu pesilat dan penari yang akan melakukan berbagai atraksi di lapangan nantinya,” ucap Suardi Junir, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Padang.  Kegiatan pembukaan LPI itu juga disandingkan dengan acara Lintas Khatulistiwa 2014, dimana beberapa kepala daerah di Sumbar yang peduli dengan kegiatan kepemudaan dan olahraga akan diberi penghargaan oleh Menpora. Salah satu penghargaan tersebut akan diterima Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah.

Iven sepakbola antar pelajar ini sudah menjadi agenda nasional dan serentak dilaksanakan di seluruh tanah air. Diawali dari tingkat kota/kabupaten, berlanjut tingkat provinsi dan terakhir tingkat nasional. Artinya, sang juara masing-masing kota/kabupaten akan diadu di tingkat provinsi bersangkutan dan setelah itu akan bersaing lagi untuk memperebutkan gelar juara tingkat nasional. Tahun lalu turnamen LPI tingkat Kota Padang ini diikuti 30 tim SMP dan 24 tim SMA sederajat. Sedangkan tahun ini, sebanyak 69 tim sepakbola SMP dan SMA sederajat dipastikan akan tampil pada perhelatan Liga Pendidikan Indonesia (LPI) tingkat Kota Padang yang ditabuh pagi ini. 69 tim itu masing-masing 42 tim tingkat SMP dan 27 tim tingkat SMA.
Selain Menpora Roy Suryo, acara pembukaan juga akan dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat H Irwan Prayitno, Wakil Walikota H Emzalmi, jajaran Kepala SKPD se-Sumatera Barat dan Kota Padang, serta insan olahraga di daerah ini. (by)

google+

linkedin