BIJAK ONLINE-Ada perbedaan yang sangat kentara antara wisatawan Indonesia dan wisatawan dari negara lain ketika berkunjung ke Jepang."Bukan
orang Indonesia namanya, kalau tidak beli Kit Kat rasa teh hijau,"
ungkap Usman, pemandu wisata yang memandu rombongan PT Kao Indonesia,
termasuk Tribunnews.com, Rabu (24/9/2014).
Dalam perjalanan menuju
kota Osaka dari bandara Kansai International Airport, Usman sempat
bercerita tentang segala sesuatu buatan Jepang yang sangat digemari
orang Indonesia namun tidak begitu terkenal di negeri asalnya sendiri. Kit
Kat Green Tea adalah salah satunya. Ia bercerita, beberapa tahun lalu
Kit Kat Green belum banyak tersedia secara meluas di
supermarket-supermarket di Jepang. Penjualannya masih jarang dan
terbatas di bandara saja.
"Hingga akhirnya orang Indonesia sering
mencarinya, Kit Kat Green Tea pun mulai mudah ditemui. Itulah the power
of Indonesia di Jepang," ungkap Usman. Di samping makanan, soal selera lagu pun demikian. Bagi
Anda generasi 70-80an mungkin tak asing dengan lagu "Kokoro No Tomo"
yang ditembangkan Mayumi Itsuwa. Di Jepang, kata Usman, lagu tersebut
justru kurang popule.Ia mengatakan, Mayumi sempat bercerita soal
asal muasal lagu tersebut bisa terkenal di Indonesia, dalam sebuah
wawancara tv belum lama ini,
"Katanya, seorang DJ sebuah radio
Indonesia pernah menghadiri salah satu konsernya. Setelah mendengarnya,
ia pun membeli rekamannya lalu memutarnya di radio Indonesia. Dari
situlah lagu itu mulai tenar di Indonesia," kata Usman. Satu lagi
menurut Usman yang begitu diminati Indonesia namun tidak begitu populer
di Negeri Sakura adalah bintang film dewasa Miyabi.
"Di sini,
Miyabi, yang dalam bahasa Jepang berarti keanggunan, kurang terkenal.
Masih ada model lain yang lebih terkenal," kata Usman sambil tersenyum.
via Tribun