BIJAK ONLINE-Meski masih ada tiga daerah lagi yang belum dilakukan rekapitulasi penghitungan suara hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) 9 April lalu, namun jatah kursi DPR-RI asal daerah pemilihan Sumatera Barat (dapil Sumbar), baik dapil Sumbar 1 maupun Sumbar 2 nampaknya 99 persen sudah terisi. Sebab, rata-rata jumlah total suara yang berhasil dikumpulkan oleh parpol bersangkutan sudah di atas 100 ribu per-dapil masing-masing. Dari 16 kota/kabupaten yang telah direkap KPU Sumbar dalam rapat pleno terbuka di Hotel Pangeran Beach, Padang hingga Rabu (23/4/2014) sore, kemungkinan 8 jatah kursi dapil Sumbar 1 sudah terisi sesuai kuota yang ditetapkan KPU. Sedangkan untuk 6 kursi jatah kursi dapil Sumbar 2, baru lima kursi yang sudah pasti. Sisa satu kursi lagi masih diperebutkan oleh PDIP, PAN dan Partai Nasdem.
“Untuk finalnya kita lihat saja besok. Karena masih ada tiga daerah lagi yang belum kita rekap. Yakni, Kabupaten Pasaman Barat, Dharmasraya dan Kepulauan Mentawai. Makanya sidang kita skor sampai Kamis (24/4) siang,” ungkap Ketua KPU Sumbar, Amnasmen kepada wartawan usai sidang ditutup pada pukul 17.50 WIB, Rabu (23/4). Sementara berdasarkan pantauan www.sumbarzone.com, dari hasil penghitungan sementara, kemungkinan 8 jatah kursi untuk dapil Sumbar 1 tersebut masing-masing diraih Betty Shadig Pasadigue (Partai Golkar), Suir Syam (Partai Gerindra), Asli Chaidir (Partai Amanat Nasional), Epyardi Asda (Partai Persatuan Pembangunan), Endre Saefoel (Partai Nasdem), Alex Indra Lukman (Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan), Darizal Basyir (Partai Demokrat), Hermanto (Partai Keadilan Sejahtera).
Sementara untuk dapil Sumbar 2, masing-masing diraih Ade Rizki Pratama (Partai Gerindra), Jhon Kenedi Aziz (Partai Golkar), Mulyadi (Partai Demokrat), M Iqbal (Partai Persatuan Pembangunan) dan Refrizal (Partai Keadilan Sejahtera). Sedangkan satu kursi lagi belum bisa dipastikan karena masih terjadi persaingan suara cukup ketat antara PDIP, Partai Nasdem dan PAN. Sementara untuk caleg DPD-RI, tiga kursi hampir dipastikan menjadi milik Irman Gusman, Emma Yohana dan Jefri Geovani. Sedangkan satu kursi lagi masih diperebutkan antara Leonardy Harmaini, Alirman Sory dan Nofi Chandra. Sebab, masih ada tiga daerah lagi seperti yang disebutkan di atas yang belum dihitung secara manual. Meski sempat diwarnai interupsi dari sejumlah saksi parpol, namun secara umum proses rekapitulasi hasil suara Pileg DPR-RI, DPD-RI dan DPRD Sumbar itu berjalan dengan lancar dan aman di bawah pengawasan ratusan personil kepolisian gabungan Polda Sumbar, Polresta Padang dan polsek-polsek se-Kota Padang tersebut. (sumbarzone.com)

google+

linkedin